Pendidikan

Peran AI Akan Terus Berkembang, Warek III ISTTS: yang Tidak Mau Belajar, Akan Tergantikan

Senin, 10 Juni 2024 - 20:22 | 17.13k
SMAK Frateran saat mengenal lebih dekat dengan AI di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS). (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)
SMAK Frateran saat mengenal lebih dekat dengan AI di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS). (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Perkembangan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) tengah menjadi perhatian berbagai kalangan. Salah satunya, dunia pendidikan. 

Wakil Rektor III Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS), Ferdinandus menyebut jika kampus yang berlokasi di Jl. Ngagel Jaya Tengah No.73-77 ini tengah mengembangkan AI. 

Karena menurutnya, peran AI ini tidak bisa terbendung dan akan terus berkembang, sehingga nantinya akan menjadi sebuah kebutuhan. 

"Bagi tidak mau belajar maka akan tergantikan oleh AI, namun bagi yang mau belajar akan bisa menguasainya," ungkapnya kepada TIMES Indonesia, Senin (10/6/2024). 

SMAK-Frateran-2.jpg

Selain menciptakan, lanjutnya, kampus juga memiliki tanggung jawab yang besar untuk menyebarkan luaskan penggunaan AI yang baik bagi manusia, terutama dalam bidang pendidikan. 

"Karena nantinya bukan hanya guru saja yang bisa tergantikan oleh AI, melainkan profesi apapun yang tidak mau berkembang akan tergantikan," katanya. 

Dalam kesempatan yang sama, Oktan Setiawan, salah satu pengajar di SMAK Frateran mengaku jika saat ini, para siswa harus dikenalkan dengan AI agar bisa menjawab tantangan masa depan. 

"AI Itu termasuk tantangan tapi juga peluang, supaya tidak diperbudak maka kami belajar," akunya. 

Dalam kunjungannya ke ISTTS bersama 321 siswa, ia berharap agar kedepannya dunia pendidikan tidak tabu dan bisa memanfaatkan AI dengan bijak. 

"Jangan sampai tergantikan oleh AI, tapi kuasai agar pembelajaran dikelas lebih berwarna," tutupnya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES