Pendidikan

Info Beasiswa Luar Negeri: Kemendikbud Buka Beasiswa ke NTU Singapura

Selasa, 11 Juni 2024 - 10:43 | 14.12k
Ilustrasi. (Foto: Akademi AI Indonesia)
Ilustrasi. (Foto: Akademi AI Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Nanyang Technological University, Singapura (NTU Singapura) telah meluncurkan program beasiswa baru yang dinamakan Indonesia – NTU Singapore Talent Program (INSTEP). Info beasiswa luar negeri ini ditujukan untuk pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi master (S2) di NTU Singapura.

Program beasiswa INSTEP dirancang untuk menampung hingga 200 mahasiswa setiap tahun, yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah total alumni Indonesia menjadi 300 mahasiswa per tahun. Dengan ini, diharapkan lulusan-lulusan baru akan memiliki pemahaman yang mendalam tentang budaya, tata kelola, dan peluang bisnis di Singapura dan Indonesia.

Beasiswa ini sepenuhnya didanai oleh pemerintah Indonesia melalui Kemendikbud Ristek, LPDP, dan NTU. Program ini dijadwalkan akan dimulai pada Agustus 2024. 

Prof. Abdul Haris, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek Indonesia, menyatakan bahwa beasiswa INSTEP adalah tonggak penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan mendorong kolaborasi internasional. 

"Dengan membuka jalan bagi mahasiswa kita untuk melanjutkan pendidikan melalui program Master, kami berinvestasi di masa depan mereka sekaligus juga masa depan Indonesia," ungkap Prof. Abdul Haris.

Selain itu, beasiswa INSTEP juga bertujuan untuk semakin melengkapi Indonesia–NTU Singapore Institute of Research for Sustainability and Innovation (INSPIRASI), program penelitian kolaboratif yang diluncurkan tahun lalu antara Kemendikbud Ristek, LPDP, dan NTU. Program INSPIRASI ini berfokus pada penelitian mengenai perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

Andin Hadiyanto, Direktur Utama LPDP, menyampaikan bahwa beasiswa INSTEP menandai langkah penting dalam upaya LPDP mendorong kolaborasi akademik antara Indonesia dan Singapura. "Saya berharap program ini akan terus berkembang dan mendorong kolaborasi yang lebih besar antara negara kita dengan berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia di Indonesia," ujar Andin.

Sementara itu, Prof. Ho Teck Hua, Presiden NTU, menjelaskan bahwa beasiswa INSTEP dirancang untuk menarik pelajar terbaik dari Indonesia agar dapat menempuh pendidikan di NTU Singapura. Ia yakin bahwa program ini akan menghasilkan lulusan yang beragam dan kaya akan budaya, yang mampu bekerja di bidang yang saling menguntungkan bagi Indonesia dan Singapura.

"Mereka akan menjadi duta masa depan untuk hubungan yang lebih erat antara Indonesia dan Singapura," jelas Prof. Ho Teck Hua.

Info beasiswa luar negeri program beasiswa INSTEP tidak hanya memberikan peluang bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi di luar negeri, tetapi juga memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura. Dengan adanya beasiswa ini, diharapkan semakin banyak pelajar Indonesia yang dapat mengakses pendidikan berkualitas di NTU dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan kedua negara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES