Pendidikan UIN Malang

Persiapan Akreditasi Internasional, Fakultas Humaniora UIN Malang Gelar Evaluasi Kurikulum

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:16 | 11.00k
Kegiatan evaluasi kurikulum yang digelar Fakultas Humaniora UIN Malang pada Kamis (13/6/2024). (Foto: Humas UIN Malang)
Kegiatan evaluasi kurikulum yang digelar Fakultas Humaniora UIN Malang pada Kamis (13/6/2024). (Foto: Humas UIN Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) menggelar kegiatan Evaluasi Kurikulum di Savana Hotel & Convention, Kota Malang, Kamis 13 Juni 2024.

Kegiatan ini mengundang seluruh dosen di lingkungan Fakultas Humaniora UIN Malang untuk berdiskusi dan merumuskan kurikulum yang lebih adaptif, sesuai dengan kebutuhan zaman.

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Humaniora UIN Malang, Dr. Halimi mengatakan, kurikulum yang diterapkan saat ini perlu ditinjau ulang dan disempurnakan agar memenuhi standar kualifikasi pendidikan nasional dan internasional.

Terlebiih, saat ini Fakultas Humaniora UIN Malang sedang mempersiapkan diri untuk melengkapi Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Program Studi, serta menempuh akreditasi nasional BAN-PT maupun internasional FIBAA.

“Kurikulum yang selama ini diterapkan, perlu ditinjau ulang dan disempurnakan agar sesuai dengan tuntutan standar pendidikan nasional.  Evaluasi ini penting, karena tahun ini kita akan melakukan ISK, re-akreditasi dan FIBAA”, ujar Dr. Halimi.

Oleh karena itu, dia berharap para dosen dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, hingga menghasilkan produk kurikulum yang berorientasi pada capaian lulusan Fakultas Humaniora UIN Malang. Ia juga berharap kegiatan evaluasi kurikulum kali ini dapat menjadi landasan yang kuat dalam penerapan kurikulum  berbasis OBE di Fakultas Humaniora.

“Implementasi kurikulum OBE ini penting, karena dapat menjembatani lulusan Fakultas Humaniora untuk mendapatkan skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Semoga acara kita menghasilkan hal yang bermanfaat dan betul-betul dibutuhkan mahasiswa kita”, harapnya.

Dosen senior Fakultas Humaniora UIN Malang, Prof. Dr. Mudjia Rahardjo, M.Si., turut memberikan arahan dan motivasi kepada para dosen. Dia menekankan urgensi dari kegiatan ini. Menurutnya, evaluasi kurikulum adalah bagian integral dari proses pendidikan yang tidak boleh diabaikan.

"Kita tidak boleh terlena. Anak didik kita sudah hidup di era revolusi industri 4.0, dan kurikulum harus selalu di-update agar sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan mahasiswa," ujarnya.

Mantan Rektor UIN Malang itu juga mengingatkan agar dosen terus meng-update keilmuan mereka agar dapat memberikan hal yang dibutuhkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0.

"Sebagai dosen, kita harus mampu memberikan apa yang mahasiswa butuhkan untuk menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0. Kita harus selalu meng-update keilmuan kita," tambahnya.

Prof. Mudjia juga menyatakan rasa bangganya terhadap perkembangan yang telah dicapai oleh Fakultas Humaniora. Ia mengapresiasi berbagai prestasi yang telah diraih dan menekankan pentingnya untuk terus mempertahankan dan memperkuat perkembangan tersebut melalui evaluasi dan perubahan yang berkelanjutan.

"Perkembangan di Fakultas Humaniora UIN Malang harus selalu dipertahankan dan diperkuat. Jangan bosan melakukan evaluasi dan perubahan untuk menangkap spirit zaman," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES