Pendidikan

Dies Natalis ke-6 Polbangtan Malang: Menabur Harapan di Era Pertanian Berkelanjutan

Senin, 24 Juni 2024 - 16:51 | 51.10k
Pemotongan tumpeng dalam rangka Dies Natalis ke-6 Polbangtan Malang. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Pemotongan tumpeng dalam rangka Dies Natalis ke-6 Polbangtan Malang. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) menggelar peringatan Dies Natalis ke-6 dengan tema "Working for the Nation: Sowing Hope, to Welcome Change, in the Era of Sustainable Agriculture" pada Senin (24/6/2024) di Lapangan Bundar Polbangtan Malang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Polbangtan Malang beserta unsur pimpinan dan seluruh civitas akademika.

Dalam sambutannya, Direktur Polbangtan Malang Setya Budhi Udrayana mengucapkan syukur atas upaya yang bisa dilakukan untuk pertanian Indonesia. Hal itu sejalan dengan tema yang diambil yakni "Bekerja untuk Bangsa: Menabur Harapan, Menyongsong Perubahan, di Era Pertanian Berkelanjutan".

Udrayana mengatakan, usia 6 tahun bagi sebuah organisasi merupakan taraf bertumbuh. Tumbuh dan berkembangnya institusi memerlukan keterlibatan semua komponen yang ada di dalamnya, termasuk mahasiswa di luar yang bersinergi untuk membangun dunia pertanian.

Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian yang ada di daerah, kata dia, kita wajib mendukung program strategis pemerintah. Dalam konteks saat ini mengabdi untuk negeri untuk menyelesaikan program Perluasan Areal Tanam (PAT) dan Program Pompanisasi. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Dies Natalis ke-6 Polbangtan Malang Nurlaili menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya sebagai perayaan bertambahnya usia, tetapi juga sebagai momen penting untuk memunculkan harapan baru bagi pengembangan peran Polbangtan Malang dalam membangun SDM pertanian yang tangguh.

Dies-Natalis-Polbangtan-Malang-2.jpg

Dia menuturkan, tujuan peringatan Dies Natalis ini untuk mendapatkan dan melaksanakan beberapa konsep strategis yang berkaitan dengan pengembangan peran pendidikan dalam membangun SDM pertanian yang siap menyongsong perubahan di era pertanian berkelanjutan.

"Memupuk semangat kebersamaan di kalangan civitas akademika, alumni, dan masyarakat luas untuk mempertahankan dan meningkatkan peran Polbangtan Malang dalam pembangunan SDM pertanian," ujarnya.

Hal tersebut sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman yang mengatakan bahwa meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

“Kredibilitas generasi muda di bidang pertanian saat ini semakin berkembang. Saya makin percaya anak muda yang mau terjun di bidang pertanian bisa punya peluang kehidupan dan ekonomi yang lebih baik,” ujar Amran.

Sementara itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mendukung penuh upaya Polbangtan dalam menyiapkan SDM petani yang andal.

“Termasuk dengan memberikan pelatihan dari hulu ke hilir terhadap para mahasiswa untuk lebih berkompeten dalam bidangnya,” sebut Dedi.

Sebagai informasi, rangkaian Kegiatan Dies Natalis ke-6 Polbangtan Malang meliputi Pembukaan Peringatan Dies Natalis ke-6; Sharing Alumni; Agricompt; Jalan Sehat; BEM CUP; Seminar Nasional; Duta Kampus serta Closing Ceremony. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES