Pendidikan

Nyantri di Holiday Pesantren Darun Nun Malang, Gen Z Siap Teruskan Estafet Ulama Umara

Senin, 01 Juli 2024 - 19:35 | 22.97k
Ketua RMI NU Kota Malang yang juga pengasuh PP Darun Nun Dr KH Halimi Zuhdy membuka pesantren holiday. (Foto: TI Photo Network)
Ketua RMI NU Kota Malang yang juga pengasuh PP Darun Nun Dr KH Halimi Zuhdy membuka pesantren holiday. (Foto: TI Photo Network)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pesantren Darun Nun Malang menggelar acara pembukaan Holiday Pesantren dengan tema "Santri Gen-Z Siap Meneruskan Estafet Ulama Umara". Acara ini untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda untuk terus menebar kebaikan, mempersiapkan diri menjadi manusia yang berakhlak, dekat dengan Allah, dan siap memasuki era ini, era Society 5.0. 

Dalam sambutannya, Pengasuh Pesantren Darun Nun KH Halimi Zuhdy menekankan pentingnya mempersiapkan Santri Gen-Z tidak hanya dalam aspek spiritual dan akhlak, tetapi juga dalam pengetahuan agama dan tradisi pesantren yang tetap dipertahankan.

"Santri hari ini berbeda dengan santri masa lalu, namun dalam hal akhlak, spiritualitas, dan pengetahuan agama, tradisi pesantren terus dipertahankan. Santri Gen-Z tidak boleh menjadi generasi stroberi; ia harus siap batin dan dhahir, dan siap menjadi pemimpin (muttaqina imama). Santri harus hebat, berakhlak, dan berilmu," ujarnya.

Acara pembukaan yang berlangsung di depan Pesantren Darun Nun, Bukit Cemara Tidar, diikuti oleh 60 santri dari berbagai daerah, termasuk Gresik. Acara dimulai dengan pembacaan Asmaul Husna, sambutan, penyematan kartu peserta dan guide book Holiday Pesantren, serta doa.

Panitia acara mengemas kegiatan dengan menarik, termasuk game edukasi, literasi, memanah, berbahasa Arab/Inggris, silat, terbangan, serta tradisi pesantren seperti ala la, tahajjut, dhuha, jamaah, tahfidz, dan pembiasaan keseharian seperti Nabi (doa), membiasakan menggunakan tangan kanan, dan lainnya.

Dalam sambutannya, Dr. Halimi Zuhdy, ketua RMI NU Kota Malang, menyampaikan pentingnya mengisi liburan dengan kegiatan yang bermanfaat. "Liburan ini kita isi dengan menjadi santri dan siap menjadi santri yang tangguh, berbakti pada bangsa dan negara," katanya.

Holiday Pesantren diharapkan dapat membentuk santri yang siap lahir dan batin, serta mampu menjadi pemimpin masa depan yang berakhlak dan berilmu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bayhaqi Kadmi
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES