Pendidikan

Berkat BISMA, 3 Mahasiswa UB Ikuti Summer Course di UTP Malaysia

Kamis, 04 Juli 2024 - 19:29 | 14.16k
Mahasiswa Vokasi UB yang mengikuti BISMA Summer Short Course di UTP Malaysia. (Foto: Humas UB for TIMES Indonesia)
Mahasiswa Vokasi UB yang mengikuti BISMA Summer Short Course di UTP Malaysia. (Foto: Humas UB for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Tiga mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (FVUB) mengikuti Summer Short Course di Universiti Teknologi Petronas (UTP) di Seri Iskandar, Perak, Malaysia. Mereka adalah Rio Teguh Santoso, Benardi Denoprio Butar Butar, dan M. Mujib, dari Jurusan Sistem Informasi, angkatan 2022.

Kegiatan ini merupakan salah satu program Brawijaya International Student Mobility Award (BISMA) yang berlangsung pada bulan Juni 2024 di Persiaran UTP, Malaysia.

Salah satu mahasiswa, Rio Teguh Santoso menyampaikan, ketertarikannya mengikuti BISMA adalah untuk meningkatkan kemampuan interpersonal, problem-solving, dan kepemimpinan, serta menciptakan kenangan tak terlupakan dengan pengalaman baru dan berkesan. Pada program tersebut mereka juga mengikuti kelas yang linier dengan mata kuliah di jurusan Sistem Informasi.

“Kami dan peserta lainnya mengikuti berbagai kelas yang mencakup Machine Learning, Data Analytics, Information and Software Engineering, serta sesi khusus dari praktisi industri. Selain itu, kami terlibat dalam proyek praktis seperti pembuatan traffic light dan penerapan sensor pada kipas otomatis di restoran,” ujar Rio.

Mahasiswa lain yang mengikuti Summer Course Benardi Denoprio menambahkan, mereka tidak hanya belajar dari dosen-dosen UTP, tetapi juga dari praktisi industri seperti Google dan Change Maker. “Cukup challenging tetapi impactful,” ungkap Benardi.

Ketiga mahasiswa itu juga berkesempatan mengikuti aktivitas tim yang menantang, seperti menjelajah Gua Tempurung, IPOH local tour, mengunjungi Desa Silverlake, Twin Tower Kuala Lumpur, dan sudut lainnya negeri jiran itu.

"Pengalaman ini tidak hanya mengasah keterampilan teknis kami, tetapi juga mengajarkan problem solving di tanah orang. Selain pemahaman akademik bertambah, kami belajar kebudayaan negara tetangga, Malaysia,” kata M.Mujib yang juga berkesempatan mengikuti summer course di UTP Malaysia.

Sebagai informasi, BISMA merupakan progam inisiasi yang dirancang untuk mendukung internasionalisasi UB melalui pertukaran mahasiswa internasional.
BISMA 2024 diresmikan sebagai bagian dari upaya UB untuk meningkatkan kompetensi global dan memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES