Pendidikan

Jaga Mutu Pelayanan, LPH UIN Malang Kaji Ulang Manajemen

Rabu, 10 Juli 2024 - 20:13 | 11.19k
Gelaran Kaji Ulang Manajemen yang dilakukan oleh LPH UIN Maliki Malang, Selasa (9/7/2024). (Foto: Humas UIN Malang)
Gelaran Kaji Ulang Manajemen yang dilakukan oleh LPH UIN Maliki Malang, Selasa (9/7/2024). (Foto: Humas UIN Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ada berbagai upaya yang dilakukan  oleh Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang untuk menjaga mutu pelayanan. Salah satunya dengan terus melakukan evaluasi penyelenggaraan pemeriksaan halal berjalan dengan optimal.

Evaluasi tersebut diwujudkan dalam kegiatan Kaji Ulang Manajemen (KUM) yang digelar LPH UIN Malang, Selasa (9/7/2024). Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan, Dr. KH. Isroqunnajah, M.Ag. mengatakan, penting bagi LPH UIN Maliki Malang untuk berkinerja maksimal sesuai dengan Undang-Undang no. 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

“LPH diharapkan menjadi aktor utama dalam memastikan produk halal lebih banyak tersedia dan masyarakat lebih paham serta peduli terhadap produk-produk yang wajib memiliki sertifikat halal,” ujarnya.

Kaji Ulang Manajemen ini bertujuan untuk menilai dan memastikan kesesuaian, kecukupan, dan efektivitas kebijakan serta sasaran LPH, sesuai dengan acuan manajemen berdasarkan SNI ISO 17065:2012. Hal ini untuk memastikan bahwa pelayanan audit atau pemeriksaan halal kepada pelaku usaha lebih optimal.

Beberapa topik penting dibahas dalam kegiatan ini seperti evaluasi hasil audit internal dan eksternal yang terakhir dilaksanakan oleh Satuan Pengawas Internal (SPI), tindakan perbaikan dan pencegahan dari proses audit ke pelaku usaha, serta rekomendasi dan catatan evaluasi hasil kerja auditor yang diperoleh dari umpan balik pelanggan (pelaku usaha).

Koordinator Bidang Mutu dan Manajemen, Moh. Taufiq, M.Si menyoroti lima aspek penting terkait manajemen LPH, mulai dari target hingga inovasi pelayanan yang akuntabel, profesional, integritas, dan kolaboratif (APIK).

"Konsistensi dan keberkalaan pelaksanaan KUM diharapkan menghasilkan keputusan yang efektif mengenai kebijakan, sumber daya, dan komitmen organisasi, sehingga sistem manajemen dapat berjalan efisien," kata dia

Pada akhirnya, tujuan utama agenda ini adalah peningkatan kualitas manajemen dan optimalisasi pemeriksaan proses produk halal. Dengan demikian, LPH UIN Maliki Malang dapat secara konsisten melindungi masyarakat, khususnya umat muslim, dari berbagai produk non-halal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES