Peristiwa Daerah

Plt Bupati Purbalingga Tinjau Dua Titik Tanah Longsor di Karangjambu

Sabtu, 19 Januari 2019 - 07:25 | 125.72k
Anggota Polsek dan Koramil Karangjambu, BPBD dan masyarakat setempat melakukan pembersihan jalan dari material tanah longsor. (FOTO: Istimewa)
Anggota Polsek dan Koramil Karangjambu, BPBD dan masyarakat setempat melakukan pembersihan jalan dari material tanah longsor. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGAPlt. Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, meninjau dua titik lokasi tanah longsor di Kecamatan Karangjambu, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah,  Jumat (18/1/2019) malam. Longsor terjadi akibat hujan deras yang terus menerus mengguyur Kabupaten Purlalingga beberapa hari ini.

Dalam kesempatan ini, Dyah Hayuning Pratiwi atau yang akrab disapa Tiwi juga memberikan bantuan kepada Mukhrodi dan Darkim,  dua orang warga Dusun Sigupit, Desa Purbasari yang rumahnya terancam longsor.

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam susulan akibat hujan deras di beberapa titik rawan, Tiwi memberikan pengarahan kepada anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga untuk melakukan kesiapan siagaan.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Purbalingga, menyatakan hujan deras yang beberapa hari ini terus menerus turun mengakibatkan tebing setinggi 7 meter di pinggir jalan di Dusun Sigupit, Desa Karangjambu pukul 13.00 WIB longsor menutup badan jalan.

BPBD Purbalingga bersama Polsek dan Koramil Karangreja serta masyarakat setempat telah melakukan penanganan untuk membersihkan material longsoran dari badan jalan, sehingga saat ini sudah bisa dilalui kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Sedangkan dua rumah milik Mukhrodi dan Darkim yang dihuni oleh 10 jiwa dan hanya berjarak 0,5 M dari tebing yang longsor sudah dikosongkan. Hal tersebut untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa.

Selain itu, longsor juga terjadi di komplek SMPN 1 Karangjambu yang berlokasi di Dusun Brubahan, Desa Karangjambu, Kecamatan Karangjambu yang mengakibatkan sejumlah ruas tembok keliling sekolah tersebut roboh.

BPBD Purbalingga, mencatat pondasi dan tembok sepanjang 15 meter tinggi 4,5 meter dan sebelah selatan 3,5 meter dan pintu masuk belakang sekolah dengan ukuran1,5 meter tinggi 2,30 meter roboh. 

Kamsi (55), penjaga sekolah mengatakan, bahwa sejumlah ruas tembok keliling SMPN 1 Karangjambu roboh karena fondasinya longsor.

Plt. Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, saat meninjau dua titik lokasi tanah longsor di Kecamatan Karangjambu mengingatkan warga untuk waspada. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Purbalingga TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES