Peristiwa Daerah

Atalia Kamil Ingin Bank Sampah Bersinar Diduplikasi di Jabar

Sabtu, 01 Februari 2020 - 11:45 | 82.03k
Ketua TP PKK Jabar Atalia Ridwan Kamil bersama Ketua Bhayangkari Daerah Jabar Ny. Luly Rudy Sufahriadi dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD III/Siliwangi Suci Nugroho Budi Wiryanto mengunjungi Bank Sampah Bersinar di Baleendah, Kabupaten Bandung.
Ketua TP PKK Jabar Atalia Ridwan Kamil bersama Ketua Bhayangkari Daerah Jabar Ny. Luly Rudy Sufahriadi dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD III/Siliwangi Suci Nugroho Budi Wiryanto mengunjungi Bank Sampah Bersinar di Baleendah, Kabupaten Bandung.

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Ridwan Kamil memuji kehadiran Bank Sampah Bersinar (BSB) di tengah minimnya kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan dan mengolah sampah.

Salah satu program dari bank sampah yang terletak di Jl. Terusan Bojongsoang No. 174, Baleendah, Kabupaten Bandung ini adalah memberikan pelatihan dan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya bank sampah, juga informasi mengenai jenis-jenis sampah dan cara memisahkan sampah. Setiap kriteria sampah tersebut, memiliki nilai atau harga yang berbeda-beda. 

"Bank Sampah Bersinar ini didukung dan didorong oleh masyarakatnya sendiri. Jadi dari tahun 2014 sudah hadir dan memberikan solusi bagi masyarakat," kata Atalia saat meninjau BSB, Jumat (31/1/20). 

"Yang menarik adalah sampah-sampah yang dikumpulkan itu diberikan edukasi kepada masyarakat untuk dipilh sendiri, sampah itu ada nilai atau harganya. Seperti tadi contoh aqua gelas dipilah antara bagian penutup (bibir gelas) dengan bagian bawahnya, maka harganya akan sangat berbeda. Dan masih banyak jenis sampah yang bisa dipilah yang bisa menghasilkan nilai yang secara ekonomi baik bagi warga masyarakat," tambahnya. 

Edisi-Sabtu-01-Februari-2020-Atalia-kamil.jpg

Adapun inti dari program-program BSB di bawah naungan Yayasan Solusi Bersinar Indonesia ini adalah mewujudkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan mengelola, memilih, dan memilah sampah sebelum dibuang.

Atalia pun berharap, bank sampah lainnya bisa hadir di berbagai daerah sehingga dampak positif program tersebut bisa dirasakan seluruh penjuru Jabar maupun Indonesia.

"Harapan saya pengetahuan terkait pemilahan sampah ini tidak saja melekat kepada warga masyarakat di sekitar wilayah ini, tapi juga kepada kota/kabupaten lain di Jawa Barat maupun di Indonesia," ujar sosok yang dikenal dengan panggilan Bu Cinta ini. "Saat ini, kami (TP PKK Provinsi Jabar) sedang menunggu bagaimana (bank sampah) ini bisa diduplikasi," imbuhnya.

Turut mendampingi Atalia dalam kunjungan ke BSB Baleendah dalam rangkaian Fun Bike Bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar adalah Ketua Bhayangkari Daerah Jabar Ny. Luly Rudy Sufahriadi dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD III/Siliwangi Suci Nugroho Budi Wiryanto.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bandung

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES