Peristiwa Daerah

Permudah Layanan Daring, BPJS Kesehatan Gresik Kenalkan Chika dan Vika

Senin, 23 Maret 2020 - 11:32 | 132.19k
Petugas BPJS Kesehatan Gresik saat menyosialisasikan penggunaan Chika da Vika ke calon peserta. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Petugas BPJS Kesehatan Gresik saat menyosialisasikan penggunaan Chika da Vika ke calon peserta. (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, GRESIK – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan Gresik tetap melayani warga di tengah wabah corona atau Covid-19. Yang terbaru, masyarakat atau peserta bisa menggunakan aplikasi daring berbasis media sosial yakni chat assistent JKN (Chika) dan voice interactive JKN (Vika).

Pelayanan ini bisa diakses peserta melalui Aplikasi WhatsApp, Telegram dan Facebook Messenger. Maka dari itu, peserta atau masyarakat tidak perlu mengunjungi Kantor BPJS secara langsung.

Advertisement

Untuk mendapatkan layanan ini, langkah awal yang dilakukan adalah menambahkan nomor layanan 0811 8750 400 ke aplikasi WhatsApp. Kemudian, untuk aplikasi Telegram bisa diakses melalui https://t.me/BPJS.kes.bot. Sedangkan untuk Facebook Messenger bisa dilakukan melalui laman BPJS Kesehatan RI.

Petugas-BPJS-Kesehatan-Gresik-b.jpg

Langkah selanjutnya adalah mengirimkan pesan singkat ke nomor kontak pelayanan yang tertera, kemudian secara otomatis peserta bisa melakukan pengecekan status peserta, tagihan, lokasi kantor, fasilitas kesehatan, registrasi dan ubah data peserta.

"Jadi tinggal kontak hallo, langsung secara otomatis mendapat balasan sesuai yang diinginkan peserta. Jadi sangat simpel," kata Kepala BPJS Kesehatan Gresik, Tanya Rahayu, Senin (23/3/2020).

Tanya menjelaskan inovasi baru bagi peserta melalui chatting ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pelayanan peserta dan tentunya dapat membantu mempercepat layanan di tengah-tengah imbauan pemerintah untuk social distancing dalam wabah virus corona

"Melalui chat ini peserta dapat mengecek status kepesertaan, status tagihan, lokasi fasilitas kesehatan, registrasi peserta, dan ubah data peserta. Selain itu jika peserta merasa kesusahan untuk chat, bisa juga memanfaatkan Vika," imbuhnya.

Petugas-BPJS-Kesehatan-Gresik-c.jpg

Tanya juga mengimbau peserta agar melakukan soscial distancing, hal tersebut mulai diterapkan pada sebagai langkah untuk meminimalisir penyebaran dan penularan Covid-19 bagi peserta dan calon peserta JKN-KIS serta pegawai BPJS Kesehatan.

Langkah tersebut juga menindaklanjuti Surat Edaran Direksi BPJS Kesehatan Nomor 12 Tahun 2020 tentang Panduan Pelaksanaan Tugas dan Protokol Kegiatan Kerja Selama Masa Pencegahan Corona Virus Disease 2019 di lingkungan BPJS Kesehatan.

"Jadi untuk mendapatkan pelayanan kami tak harus ke kantor, bisa dilakukan melalui ponsel semudah kita melakukan chatting," ungkap dia.

Salah satu peserta BPJS Kesehatan Aditya Ammy Iffansyah mengatakan, ia mengaku dimudahkan dengan pelayanan berbasis chat assistant ini. Ia baru saja menggunakan layanan aplikasi Chika melalui WhatsApp.

Dia menerangkan bahwa dengan mengakses layanan Chika, pelayanan kepesertaan JKN-KIS pun sangat simpel dan mudah. Bahkan, banyak pilihan pelayanannya.

"Sebab selain mudah, layanan Chika dan Vika yang digagas BPJS Kesehatan Gresik sangat cepat. Kita tinggal masukin nomornya, kemudian muncul opsi layanan. Jadi makin dimudahkan deh," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES