Peristiwa Daerah

Layanan JKN-KIS BPJS Kesehatan Dapat Diakses Melalui Pandawa

Rabu, 23 Desember 2020 - 09:46 | 254.64k
Ilustrasi Layanan JKN-KIS BPJS Kesehatan. (foto: Dok.TIMES Indonesia)
Ilustrasi Layanan JKN-KIS BPJS Kesehatan. (foto: Dok.TIMES Indonesia)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Dalam melayani Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dalam situasi pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan menghimbau kepada peserta agar dapat mengakses JKN-KIS melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (Pandawa).

“Ini merupakan layanan elektronik dari BPJS Kesehatan bagi peserta Program Jaminan kesehatan yang kini pengurusan terkait JKN-KIS jauh lebih mudah dan cepat tanpa keluar rumah bahkan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19,”kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Waingapu Tri Mayudin Rabu (23/12/2020).

Advertisement

Menurutnya, terdapat 10 layanan administrasi yang dapat dilayani Pandawa diantaranya, pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan segmen kepesertaan, perubahan data identitas, perubahan data golongan dan gaji peserta, perubahan FKTP, penonaktifkan peserta meninggal, perbaikan data ganda serta pengaktifan kembali kartu.

“Jadi layanan Pandawa ini dilakukan pada jam kantor dari hari Senin sampai Jumat kecuali hari libur nasional  Segmentasi peserta yang dapat memanfaatkan layanan ini antara lain pekerja penerima upah (PPU), pekerja bukan pnerima upah (PBPU) dan penerima bantuan iuran (PBI),”ujar Tri.

Ia menjelaskan, BPJS Kesehatan memliki 4 kanal tanpa tatap muka yang dapat meningkatkan akses peserta program JKN-KIS yakni, aplikasi Mobile JKN-KIS, BPJS Kesehatan Care center 1500400, Chat Assistant JKN (CHIKA)  melalui WhatsApp di nomor 08118750400 atau Telegram dengan Chat melalui username @BPJSkes-bot untuk pelayanan informasi dan pengaduan serta Pandawa.

Satria Wibawa seorang peserta JKN-KIS mengungkapkan,  sebagai peserta JKN-KIS ia telah menggunakan layanan Pandawa dalam pengurusan administrasi JKN-KIS dengan mudah serta banyak menghadirkan aplikasi untuk mempermudah peserta terhubung dengan layanan BPJS Kesehatan tanpa harus keluar rumah dan datang ke Kantor.

“Adanya layanan Pandawa ini sangat optimal bagi peserta JKN-KIS terutama pada masa pandemi Covid-19 ini agar mengurani kontak fisik. Semoga dengan layanan ini peserta semakin mudah mendapatkan layanan BPJS Kesehatan tanpa harus tatap muka dngan petugas cukup dengan Ponsl pintar kita,”tutup Satria Wibawa peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan Waingapu.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES