Peristiwa Daerah

MDMC Sumedang Gelar Pelatihan Tanggap Bencana di Tempat Pengungsian

Minggu, 17 Januari 2021 - 17:04 | 49.35k
MDMC Sumedang saat memberikan materi terkait penanggulangan bencana untuk korban bencana longsor di Cimanggung (FOTO: Alan/TIMES Indonesia)
MDMC Sumedang saat memberikan materi terkait penanggulangan bencana untuk korban bencana longsor di Cimanggung (FOTO: Alan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMEDANG – Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) Kabupaten Sumedang, gelar pelatihan tanggap bencana di lingkungan pengungsian SD Fatimah Az-Zahra bagi korban terdampak longsor di dusun Bojong Kondang, Cimanggung, Sumedang, Minggu (17/1/2021). 

Sekretaris MDMC Sumedang Maman Koswara mengatakan, bahwa pelatihan tanggap bencana diikuti oleh sejumlah pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Cimanggung. 

"Kegiatan yang dilakukan oleh MDMC dalam rangka menyiapkan kader tanggap bencana. Kami berikan sejumlah materi mulai dari manajemen posko, gudang logistik hingga dampak sosial kedepan pasca bencana," ujar Maman. 

Bahkan, sambung Maman, MDMC menerjunkan sedikitnya 25 relawan dalam penanggulangan bencana di Cimanggung. Terlebih, MDMC selalu konsen dalam penanganan bencana, selain mengirim tim evakuasi juga telah menerjunkan tim asesmen dalam pendataan korban dan warga terdampak.

"Kami juga melakukan pendampingan psikososial bagi warga penyintas dipengungsian SD Fatimah Az-Zahra," ujarnya. 

MDMC pun lakukan pemeriksaan kesehatan, pendampingan sosial dan pembuatan dapur nutrisi bagi anak-anak yang ada di camp pengungsian. 

"Kami berharap penanganan dampak bencana ini cepat selesai. Kami pun mengimbau kepada para relawan yang sedang bekerja tetap menjaga kesehatan, waspada, dan juga tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Sekretaris MDMC Sumedang Maman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES