Peristiwa Daerah

Disnakeswan Lamongan Gelar Posyandu Kucing Secara Gratis, Ini Tujuannya

Jumat, 05 Maret 2021 - 14:44 | 74.38k
Disnakeswan Lamongan Gelar Posyandu Kucing Secara Gratis, Ini Tujuannya
Kepala Disnakeswan Kabupaten Lamongan Sukriyah (kaos putih jilbab batik biru) saat mengikuti Posyandu Kucing di Perumahan Demangan Residence, Jumat (05/03/2021), Foto : Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Puluhan kucing berbagai jenis mengikuti Posyandu Kucing di Perumahan Demangan Residence Lamongan untuk mendapatkan sosialisasi, pemeriksaan dan penyuntikan vitamin secara gratis dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan (Disnakeswan Lamongan).

Kepala Disnakeswan Lamongan Sukriyah menyampaikan, penyelenggaraan Posyandu Kucing ini diinisiasi dari makin banyaknya pemelihara dan komunitas pecinta kucing di Kota Soto untuk diberikan pemahaman terkait penyakit dan penularannya.

“Di Lamongan mulai banyak yang menyukai kucing. Sehingga kami berinisiasi untuk menyelenggarakan posyandu ini agar masyarakat bisa memahami bahaya penyakit dan penularannya,” ujar Sukriyah kepada TIMES Indonesia, Jumat (05/03/2021).

Sukriyah menjelaskan, untuk mencegah dan mengantisipasi adanya penularan penyakit kucing terhadap sesama dan pemeliharanya diperlukan pemeriksaan, pemberian vitamin dan penanganan parasit-parasit secara rutin.    

Posyandu-Kucing-2.jpg

“Pelayanan pemeriksaan dan pemberian vitamin akan kami berikan secara rutin dan gratis. Agar kucing tidak menulari penyakit kepada pemeliharanya atau lebih dikenal zoonosis,” aku Sukriyah yang berencana melaunching klinik khusus hewan peliharaan di kantor Disnakeswan Lamongan.

Posyandu Kucing mendapatkan respona positif dari salah satu warga Perumahan Demangan Residence. Katam, yang juga komunitas pecinta meong tersebut mengapresiasi, kepedulian Disnakeswan Lamongan terhadap kesehatan hewan peliharaan terutama kucing.    

“Terima kasih adanya Posyandu Kucing. Ini yang pertama kali, mungkin bisa dijadikan sebagai pilot proyek dari Disnakeswan. Karena biasanya kami memeriksakan kucing di klinik-klinik swasta terdekat,” kata Katam.  

Katam berharap, posyandu tersebut bisa diselenggarakan secara berkala setiap satu bulan sekali untuk mengantisipasi adanya kutu maupun parasit yang ada pada tubuh kucing.

Posyandu-Kucing-3.jpg

“Posyandu Kucing kalau bisa sebulan sekali diadakan agar kucing kami bisa mendapatkan pemeriksaan dan pemberian vitamin secara rutin. Kalau vaksinasi mungkin nanti ke dokter swasta atau klinik,” ujarnya.

Meski selama ini belum pernah ada keluhan dari warga sekitar Perumahan Demangan Residence karena ada yang memelihara kucing, Ketua RT setempat Tri Laksono mengakui, penyelenggaraan posyandu tersebut disambut antusiasi oleh pecinta meong.     

“Antusias warga luar biasa atas terselenggaranya Posyandu Kucing ini. Buktinya tadi ada sekitar 45 ekor yang mengikuti pemeriksaan,” kata Tri Laksono seraya mengucapkan terima kasih kepada Disnakeswan Lamongan. (*).

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES