Empat Pilar Penting Danone Indonesia Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

TIMESINDONESIA, MALANG – Magnet Solusi Integra (MSI) menggelar Webinar bertajuk “The Important Role of Public Relations During the Covid-19 Pandemic”, Jumat (20/8/2021). Acara ini menghadirkan narasumber External Communication Managers Danone Indonesia, Rony Rudiansyah
Rony berbagi tips khusus bagi Public Relation (PR) perusahaan agar mampu bertahan ditengah pandemi Covid-19.
Advertisement
Antara lain PR sebagai ujung tombak informasi, harus menyebarkan berita-berita positif dalam suasana positif meskipun dalam kondisi sulit.
“Padahal kalau di PR, semua situasi kita ubah jadi positif. PR di masa pandemi kondisi yang menantang tetap menyebarkan positive vibes. Memberikan literasi digital untuk menghasilkan modul untuk memberikan pendampingan menghubungkan pengusaha dan mentor agar bergerak bersama pada masa pandemi,” ungkap Rony.
Ia menambahkan, Danone sendiri melakukan beberapa kegiatan agar tetap bertahan di tengah pandemi dengan berbagai cara.
Ada 4 kunci yaitu goodness konsumen, goodness planet and nation, goodness partner dan goodness employee.
Keempatnya adalah dasar utama untuk tetap bertahan saat pandemi.
1. Goodness Konsumen
Produk yang dihasilkan adalah produk yang sehat sehingga dapat terus digunakan oleh masyarakat, terus berinovasi mulai dari brand hingga pengantaran ke konsumen.
2.Goodness Planet and nation
Membangun system panel di pabrik Aqua untuk menjaga sumber daya, bijak berplastik, water resource conservation.
3.Goodness Partner
Menggandeng wanita untuk membuka home service Aqua, pengelolaan daur ulang plastik, menggandeng perusahaan dalam bidang yang lain.
4.Goodness Employee
Memberikan apresiasi yang terbaik untuk karyawan dan mempublikasikan cerita tersebut.
“Kami percaya dalam melakukan bisnis kebaikan ini, yang juga berarti kami membutuhkan seseorang lain untuk mengirim efek kebaikan. Kami berkolaborasi dan membangun kerja sama dari dalam dan luar stakeholder, kami peduli terhadap keberagaman kami tetapi bekerja sama untuk kemajuan mutual dari kebaikan,” tutur Rony.
Ia menjelaskan, komunikasi harus dilakukan dua arah khususnya saat pandemi seperti ini dengan memajukan digitalisasi karena adanya keterbatasan mengenai kegiatan.
Maka dari itu PR harus menggunakan beberapa platform media sosial untuk berkomunikasi dengan beberapa stakeholder khususnya Danone mengenai penanganan maupun sektor terdampak pandemi.
“Menjalin kerja sama dengan LIPI, mengimplementasikan kesehatan dan protokol kesehatan mendukung aplikasi ojek online bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Good Doctor,” tambahnya
Ronny mengatakan, hasil implementasi empat kunci dasar tersebut, PR Danone berhasil mendapatkan pencapaian tingkat nasional dan memboyong berbagai penghargaan.
Mulai Public Relations Practice Excelence 2021, Juara Umum PR Indonesia Award 2021 kategori perusahaan swasta dan dinobatkan sebagai Excellence Team pada Corcomm Dream Team 2021 oleh MIX Marcomm Magazine karena Danone Indonesia selalu menyelenggarakan kegiatan yang berdampak positif untuk masyarakat Indonesia. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Dody Bayu Prasetyo |
Publisher | : Sofyan Saqi Futaki |