Cara Kekinian Wali Kota Surabaya Serap Aspirasi Warga

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi terus mengembangkan inovasinya dalam pelayanan publik. Salah satu terobosan barunya yakni mengadakan giat cangkrukan bersama para stafnya di Balai RW. Kegiatan ini bertujuan agar bisa lebih dekat dengan masyarakat.
Balai RW X, Kelurahan Ngagelrejo, Kecamatan Wonokromo menjadi lokasi perdana yang didatangi Wali Kota Eri. Ia juga menghadirkan seluruh pejabat dan staf yang tupoksinya berhubungan langsung dengan masyarakat.
Advertisement
Selain itu hadir pula jajaran petinggi masyarakat disana, seperti Ketua RT/RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) yang berada di 6 wilayah Kecamatan Wonokromo.
Wali Kota Eri menjelaskan bahwa kegiatan temu warga dengan cangkrukan ini dapat menjadi alternatif untuk menemukan solusi dalam penyelesaian masalah yang ada di masyarakat.
“Di sini saya ingin menunjukkan bahwa njenengan (warga) dan kami yang ada di Pemkot tidak ada bedanya. Saya berharap acara seperti ini akan terus berlanjut,” tuturnya.
Kegiatan ini menjadi wadah untuk diskusi publik antara wali kota, pejabat Pemkot, dan masyarakat. Dalam kegiatan tersebut, setiap perwakilan dari 6 Kecamatan Wonokoromo menyampaikan aspirasinya. Mulai dari masalah pendidikan, genangan air, rumah tidak layak huni, akta kematian, hingga program dana Kelurahan.
Menurut Eri, seluruh staf Pemkot Surabaya tidak akan sempurna dalam melayani masyarakatnya jika tidak mendapat masukan atau saran dari warganya langsung. Dari masukan atau ‘uneg-uneg’ yang disampaikan, diharapkan mampu menemukan cara terbaik dalam penyelesaian masalah yang ada di masyarakat.
Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini mengajak masyarakat di Kecamatan Wonokromo untuk turut serta dan bergotong-royong dalam membantu Pemkot menyelesaikan permasalahan di Kota Surabaya.
Menurutnya tanpa bantuan masyarakat, Pemkot juga tidak akan bisa bekerja dengan baik. Ia juga menjelaskan bahwa, kegiatan semacam ini dilakukan untuk penyempurnaan program yang ada di Pemkot Surabaya.
Dengan terjun langsung bersama para pejabat, dapat menemukan solusi terbaik secara cepat. Untuk ke depannya cangkrukan ini akan menjadi agenda khusus Wali Kota Eri bersama jajarannya dengan mendatangi setiap wilayah kecamatan agar dapat bertemu langsung dengan warganya. Setidaknya dilakukan sebanyak 2 minggu sekali.
Dalam cangkrukan di Kecamatan Wonokromo, Eri mengaku setidaknya ada 10 permasalahan yang disampaikan warganya dan langsung mendapat solusinya.
Ia berharap adanya permasalahan serta penyelesaian dapat berhenti cukup di tingkatan Kelurahan dan Kecamatan.
Baginya Pemkot adalah rumah atau perahu besar untuk menyelesaikan segala persoalan yang ada di masyarakat.
“Sehingga saya selalu mengatakan, di Pemkot itu tidak ada yang paling hebat. Jadi Lurah, Camat, dan Perangkat Daerah (PD) harus menjadi satu bagian untuk menyelesaikan masalah," tutup Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam cangkrukan-nya bersama warga. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Faizal R Arief |
Publisher | : Rizal Dani |