Peristiwa Daerah

Gelar Gathering Pariwisata, BPPD NTB Komitmen Promosikan Pariwisata Lombok Sumbawa

Minggu, 02 Januari 2022 - 17:27 | 60.13k
Badan Promosi Pariwisata Daerah Provinsi NTB (BPPD NTB) saat menggelar kegiatan gathering bersama stakeholder pariwisata di  Hotel Aston Inn Mataram pada  Kamis (23/12/2021).(FOTO: Humas BPPD NTB)
Badan Promosi Pariwisata Daerah Provinsi NTB (BPPD NTB) saat menggelar kegiatan gathering bersama stakeholder pariwisata di Hotel Aston Inn Mataram pada Kamis (23/12/2021).(FOTO: Humas BPPD NTB)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, MATARAM – Badan Promosi Pariwisata Daerah Provinsi NTB (BPPD NTB) menggelar kegiatan gathering bersama stakeholder pariwisata di Hotel Aston Inn Mataram pada Kamis (23/12/2021).

Acara bertajuk Tourism Stakeholder Gathering merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan secara berkala oleh BPPD NTB dengan pelaku industri pariwisata untuk membangun sinergisitas dalam merealisasikan agenda promosi pariwisata NTB.

Advertisement

Ketua BPPD NTB Ari Garmono menuturkan, kegiatan gathering ini dilaksanakan melalui diskusi secara tatap muka dan santai dengan tujuan agar para peserta dapat membangun komunikasi yang mendalam dan akrab dengan asosiasi-asosiasi pariwisata dan media di NTB.

"Dalam kegiatan Tourism Stakeholder Gathering ini dihadiri oleh 30 asosiasi dan 4 media nasional," kata Ari Garmono.

Ari menyampaikan bahwa tugas dan fungsi BPPD NTB adalah sebagai koordinator promosi pariwisata yang dilakukan secara kolaboratif dengan para pelaku industri pariwisata di daerah.

Dengan semangat kolaborasi, BPPD NTB mengundang seluruh stakeholder pariwisata baik dari akademisi, asosisasi sebagai perwakilan dari  masyarakat,  media  dan  industri  dalam  acara  Tourism  Stakeholder  Gathering. 

“Gathering ini diharapkan dapat menjadi langkah nyata BPPD NTB dalam menjalin fungsi koordinasi yang baik dengan stakeholder pariwisata agar dapat mengumpulkan ide-ide brilian terkait program bersama di tahun 2022,” ucapnya.

Direktur Eksekutif BPPD NTB, Didie Kusuma  menjelaskan bahwa Tourism Stakeholder Gathering kali ini mengangkat tema “Together We Are Strong” , dengan harapan bahwa BPPD NTB dapat bersinergi dengan seluruh asosiasi pariwisata dalam pelaksanaan program promosi pariwisata.

Tidak hanya dengan asosiasi saja tetapi juga bekerjasama dengan media massa sebagai salah satu stakeholder penting terkait dengan pariwisata di NTB.

BPPD NTB a Suasana gathering kepariwisataan yang dilaksanakan BPPD NTB bersama stakeholder pariwisata. (FOTO: Humas BPPD NTB)

“Gathering ini diinisiasikan oleh BPPD NTB tidak hanya sebagai ajang silaturahmi tetapi juga sebagai ajang diseminasi informasi kepada asosiasi dan masyarakat tentang program yang telah dilaksanakan BPPD NTB sepanjang tahun 2021 yang bertujuan sebagai agenda promosi parieisata NTB," paparnya.

Didie Kusuma menambahkan, BPPD NTB juga memberikan sosialisasi bahwa saat ini tagline pariwisata NTB telah berubah menjadi Lombok Sumbawa Infinite Experiences.

"Kegiatan  ini juga bertujuan sebagai ajang berbagi pikiran untuk memperkuat koordinasi terkait program promosi yang akan dilakukan BPPD NTB bersama asosiasi di tahun 2022," ucapnya.

Peluncuran Website

Dalam acara gathering ini, BPPD NTB juga me-launching website promosi pariwisata “NTB Tourism Board”.  Website tersebut menjadi pesan bahwa NTB siap melayani wisatawan dengan Nurut Tatanan Baru meski dunia tengah menghadapi pendemi Covid-19.    

Dalam portal promosi pariwisata www.ntbtourismboard.com, wisatawan dapat secara   lengkap memperoleh informasi terkini mengenai lokasi destinasi wisata, kuliner, data travel agent, hotel-hotel yang menarik dan unik sesuai kebutuhan wisatawan, sampai berita-berita pariwisata di NTB.

Untuk itu, BPPD mengajak seluruh stakeholder agar dapat berkontribusi dan berpartisipasi untuk pengembangan portal ini secara bebas bersama-sama guna mempromosikan pariwisata NTB secara lebih luas.

“Dengan fitur-fitur yang dihadirkan pada website ini diharapkan asosiasi lebih leluasa untuk menampilkan informasi-informasi seperti SHA (Senggigi Hotel Association) dengan data Hotel, ASITA (Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies) dengan data travel agentnya, INCCA (Indonesia Congress and Convention Association) dengan data eventnya, dan asosiasi lainnya,” ungkapnya.

Pada akhir acara, BPPD NTB juga menampilkan kaleidoskop tahun 2021 yang merupakan abstraksi dari kilas balik perjalanan BPPD NTB selama tahun 2021 dimana memperlihatkan sejumlah capaian kegiatan dan pembelajaran.

Sejumlah catatan kilas balik dalam bentuk gambar yang ditampilkan BPPD NTB antara lain tentang peran BPPD NTB dalam mempromosikan NTB di tengah pandemi Covid-19 yaitu mendampingi kunjungan Menteri Pariwisata Indonesia ke Mandalika, Gili Trawangan, Sembalun dan Kembang Kuning.

Kemudian, BPPD NTB juga melaksanakan Lomba Foto dan Video tingkat nasional yang bertemakan “Lombok-Sumbawa Emerging Destination”. Kegiatan ini  bertujuan untuk mengangkat berbagai daya tarik wisatawan Lombok-Sumbawa sebagai “emerging destination” di sebelah timur kepulauan Indonesia baik dari keunikan dan keindahan alam, warisan budaya, serta ekonomi kreatif masyarakat NTB.

Selain itu, Kaleidoskop 2021 BPPD NTB juga menampilkan berbagai kegiatan rutin seperti Focus Group Discussion (FGD), pelaksanaan kegiatan pengibaran bendera merah putih di Laut NTB pada tanggal 17 Agustus,  dan  Pemilihan  Mister  Tourism  bekerjasama  dengan  Yayasan  Putra  Pariwisata  Indonesia.

Menjelang akhir tahun 2021, BPPD NTB menyelenggarakan Mandalika Touring Road To WSBK bekerjasama dengan IMI NTB, Mandalika Super Fest yang mana menjadi side event dari World SuperBike (WSBK) dan Heritage Tour Jejeka Gemilang Lombok Sumbawa bekerjasama dengan Lombok Heritage and Science Society (LHSS). (d) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES