Peristiwa Daerah

Jelang HUT ke-729 Surabaya, Tokopedia dan Pemkot Surabaya Beri Diskon PBB

Rabu, 25 Mei 2022 - 15:18 | 73.61k
Tokopedia berkolaborasi dengan Pemkot serta Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Surabaya, menyelenggarakan Kelas Maju Digital (KMD). (FOTO: Dok. Tokopedia)
Tokopedia berkolaborasi dengan Pemkot serta Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Surabaya, menyelenggarakan Kelas Maju Digital (KMD). (FOTO: Dok. Tokopedia)
Kecil Besar

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Menjelang HUT ke-729 Kota Surabaya, Tokopedia memberikan promo cashback untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kepada Pemkot Surabaya.

Sebagai platform untuk melakukan pembayaran pajak secara digital di hampir seluruh daerah di Indonesia, Tokopedia juga terus berkomitmen untuk mendukung upaya sosialisasi dan peningkatan pendapatan negara tersebut.

Advertisement

Tokopedia mencatat kenaikan transaksi Pajak Digital sebesar lebih dari 2 kali lipat pada periode kuartal pertama 2022 dibandingkan dengan kuartal pertama 2021 di Jatim. Sementara itu, transaksi pembayaran PBB di Jawa Timur pada periode yang sama, juga mengalami kenaikan cukup signifikan yakni sebesar lebih dari 6 kali lipat.

Melihat pertumbuhan masyarakat yang memanfaatkan teknologi digital untuk pembayaran pajak, Tokopedia bekerja sama dengan Pemkot Surabaya menawarkan promo PBBSURABAYA agar mendapatkan cashback hingga Rp15 ribu untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Kota Surabaya.

Tokopedia-2.jpg

Promo yang dapat dinikmati melalui aplikasi Tokopedia ini berlaku mulai 31 Mei hingga 30 Juni 2022. Selain memenuhi kebutuhan masyarakat Surabaya dalam bertransaksi, menjelang Hari Jadi Kota Surabaya, Tokopedia berkolaborasi dengan Dekranasda Kota Surabaya untuk mendukung pelaku UMKM.

Hasil kolaborasi ini ialah menjadikan Surabaya Kriya Gallery (SKG) sebagai toko online secara eksklusif di Tokopedia. Upaya ini bertujuan untuk mendukung SKG memasarkan produk lewat digital. Langkah ini diharapkan agar meningkatkan pertumbuhan UMKM kerajinan nasional.

"UMKM sendiri memiliki peranan yang sangat signifikan dalam menggerakkan perekonomian di Kota Surabaya. Maka dari itu, penting bagi semua UMKM di kota ini untuk dapat bangkit kembali di masa pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 yang mulai melandai ini. Untuk mendukung para UMKM, kolaborasi pemerintah dengan berbagai pihak seperti Tokopedia dirasa sangatlah penting," ujar Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Rabu (25/5/2022).

Masih dalam semangat yang sama pula, Tokopedia tidak hanya mendukung para pelaku UMKM. Namun juga memberdayakan pemilik usaha warung.

Menjelang HUT Surabaya yang jatuh pada 31 Mei 2022, Tokopedia berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) serta Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Surabaya, menyelenggarakan Kelas Maju Digital (KMD) selama tiga hari.

Pelatihan Kelas Maju Digital dihadiri oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Ketua Dekranasda Kota Surabaya Rini Indriyani, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kota Surabaya Fauzie Mustaqiem Yos serta Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan.

Pelatihan KMD yang diselenggarakan selama empat hari ini diikuti oleh pemilik warung Pasar Turi dan Pasar Keputih. KMD bertujuan agar pelaku UMKM dan pemilik warung dapat naik kelas dengan bergabung menjadi Mitra Tokopedia.

Tokopedia-3.jpg

Keuntungan yang didapat para pemilik warung menjadi Mitra Tokopedia adalah meningkatkan kemampuan berbisnis lewat teknologi digital serta mendapatkan sertifikasi Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi merchant Tokopedia.

Selain itu, pemilik warung bisa menyetok barang dagangan dengan lebih cepat dan efisien hanya lewat genggaman tangan. Serta berjualan produk digital seperti pulsa, paket data, token dan listrik, pembayaran PDAM, BPJS, uang sekolah dan kuliah dan masih banyak lagi.

Sebagai platform digital yang terus berkomitmen memajukan UMKM lokal dan mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhannya, Tokopedia terus berinovasi menghadirkan berbagai inisiatif dalam bentuk kolaborasi dengan pemerintah maupun dalam bentuk berbagai program-program dan kampanye yang sedang dan akan berjalan.

"Kami berharap melalui ini, Tokopedia dapat secara aktif mendukung dan memajukan ekonomi dan UMKM di Kota Surabaya," ucap Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan.

Sementara itu, Tokopedia juga mencatat pertumbuhan transaksi pada awal tahun 2022 di Wilayah Surabaya. Pada awal tahun 2022 Tokopedia mencatat transaksi tertinggi terjadi di Kecamatan Sukolilo, Mulyorejo, Rungkut, Waru, dan Tambaksari.

Kategori seperti Kesehatan, Makanan & Minuman, Rumah Tangga, Elektronik, Handphone & Tablet, Pertukangan, Perawatan Tubuh, Otomotif, Dapur, Kecantikan, menjadi kategori paling laris di Surabaya.

Tren belanja di Tokopedia ini turut didorong oleh deretan inisiatif mulai dari Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Home Living SALEbrations, Tokopedia Nyam, juga Tokopedia Peduli Sehat, dan masih banyak lainnya. Beberapa inisiatif tersebut merupakan upaya Tokopedia untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES