Peristiwa Daerah

Warga Pangandaran Ciptakan Pengganti Makanan Pokok Berbahan Baku Daun Kelor

Senin, 26 September 2022 - 15:46 | 84.05k
Enung Nurjanah didampingi Siti Aminah dan Yeti menyajikan pengganti makanan pokok berbahan baku daun kelor. (Foto: TP PKK Kecamatan Cijulang)
Enung Nurjanah didampingi Siti Aminah dan Yeti menyajikan pengganti makanan pokok berbahan baku daun kelor. (Foto: TP PKK Kecamatan Cijulang)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Enung Nurjanah (44) warga Dusun Cicurug RT 01/09 Desa Cibanten, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran ciptakan pengganti makanan pokok berbahan baku daun kelor.

Makanan berbahan baku daun kelor sebagai pengganti makanan pokok tersebut dipelopori Enung bersama Siti Aminah (33) warga Dusun Cicurug, Desa Cibanten, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran dan Yeti (53) Dusun Cibanten, Desa Cibanten, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Ada 3 jenis pengganti makanan pokok berbahan baku daun kelor yang diciptakan Enung diantaranya, singkong ketawa, rolade ayam jantung pisang, jeruk berbalut puding kelor jagung.

Enung-Nurjanah-b.jpgSajian pengganti makanan pokok berbahan baku daun kelor ciptaan Enung Nurjanah dan Siti Aminah juga Yeti. (Foto: TP PKK Kecamatan Cijulang)

Makanan yang diciptakan Enung dan rekannya itu merupakan terobosan inovasi dalam rangka memenuhi kebutuhan makanan dan upaya pencegahan stunting.

"Pada kandungan makanan yang kami ciptakan terdapat kandungan karbohidrat dan sebagai pengganti Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk balita," kata Enung, Senin (26/9/2022).

Bahan dan resep pada racikan ke 3 jenis makanan tersebut dalam satu porsi sajian hanya memerlukan biaya Rp60 ribu.

Menu utamanya adalah Rolade Ayam Jantung Pisang Kelor sedangkan untuk pengganti nasi adalah Singkong Ketawa dan sebagai makanan penutup dessert Jeruk Berbalut Puding Kelor Jagung.

"Jeruk Berbalut Puding Kelor Jagung juga dijadikan sebuah inovasi makanan balita dalam pencegahan stunting," tambahnya.

Bahkan ada wacana untuk

Jeruk Berbalut Puding Kelor Jagung akan disosialisasikan kepada kader Posyandu di Kecamatan Cijulang hingga se Kabupaten Pangandaran sebagai PMT balita.

Inilah resep bahan baku dan cara menyajikan makanan berbahan baku daun kelor pengganti makanan pokok

Untuk resep masakan Singkong Ketawa diantaranya, 300 gram singkong, 150 gram jagung pipil, 100 gram parutan kelapa, ¼ sdt garam.

"Cara membuatnya adalah, singkong, kelapa di parut, satukan di cetak di tengahnya di masukan jagung pipil, kukus," jelas Enung.

Enung menerangkan untuk bahan Rolade Ayam Jantung Pisang terdiri dari 250 gram jantung pisang kukus di blender, 4 buah telur dadar, 250 gram daging ayam blender, 2 putih telur, 150 gram daun kelor.

Sedangkan untuk bumbunya adalah, 3 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 1 buah daun bawang, ¼ sdt garam, ¼ sdt gula putih, ¼ sdt merica bubuk.

Tahapan membuatnya adalah, bumbu dihaluskan, campurkan bumbu jantung pisang, daging ayam, putih telur.

Enung-Nurjanah-c.jpg

Setelah menyatu susun telur dadar, daun kelor, campuran daging ayam dan jantung pisang kemudian digulung padatkan dan kukus.

"Setelah selesai di kukus, gulingkan ke telur dan lalu di goreng," papar Enung.

Makanan terakhir adalah Jeruk Berbalut Puding Kelor Jagung dengan bahan, 3 buah jeruk manis, 3 sachet susu kental manis, 1 agar kit putih, 100 gram daun kelor yang sudah diblender, 100 gram jagung manis yang sudah diblender dan 100 gram air putih.

Cara membuat Jeruk Berbalut Puding Kelor Jagung adalah jeruk dikupas bersih, dimasukan ke cetakan secara berdiri, kemudian masak air, daun kelor, jagung agar dan susu kental manis sampai mendidih.

"Setelah dingin masukan ke cetakan yang sudah di isi jeruk lalu potong-potong," pungkas Enung menjelaskan resep daun kelor sebagai bahan pengganti makanan pokok(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES