Peristiwa Daerah

Baznas Jatim Dukung Pembangunan Relokasi Warga Talun Kabupaten Ponorogo

Jumat, 25 November 2022 - 10:03 | 17.18k
Baznas Jatim Dukung Pembangunan Relokasi Warga Talun Kabupaten Ponorogo
Ketua Baznas Jatim Mohammad Roziqi didampingi Wakil Bupati Ponorogo saat mengunjungi tempat relokasi warga terdampak tanah gerak di Desa Talun Ngebel Ponorogo. (Foto:Prokopim)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Badan Amil Zakat Nasional Jawa Timur (Baznas Jatim) memberikan dukungan pembangunan hunian sementara (Huntara) untuk 22 Kepala Keluarga (KK) terdampak tanah gerak di Desa Talun Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo.

Didampingi Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita, Ketua Baznas Jawa Timur Mohammad Roziqi meninjau lahan relokasi tersebut.

"Rencana pembangunan akan dimulai hari ini Jumat (26/11/2022)," kata Ketua Baznas Jawa Timur Mohammad Roziqi.

Menurutnya, setiap unit hunian mendapat bantuan Rp12,5 juta dari Baznas Jawa Timur, dan Rp7,5 juta dari Baznas Ponorogo.

Sementara Kepala Desa Talun Waroto menjelaskan, 22 hunian sementara akan dibangun diatas tanah kas desa seluas 2.800 meter persegi, berjarak 3 kilometer dari dusun krajan (titik terdampak), "Tepatnya di dusun Sidomukti," kata Waroto.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, masing-masing hunian sementara tersebut seluas 6X7 meter, dengan komposisi dinding 1 meter dengan batu bata dan selebihnya menggunakan bahan kalsiboard.

Saat ini warga terdampak menempati rumah saudaranya yang aman, Waroto pun berharap pembangunan hunian sementara bagi warga terdampak selesai sebelum tahun berganti agar segera bisa ditempati.

Baznas-Jatim-2.jpg

"Targetnya akhir tahun selesai dan warga pindah kesana. Saat ini warga yang terdampak tanah gerak tersebut kami titipkan ke rumah saudara yang aman," tukas Waroto, Kepala Desa Talun Kecamatan Negebel Ponorogo.

Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita sangat berterima kasih atas dukungan Baznas Jawa Timur dalam pembangunan hunian sementara warga terdampak tanah gerak di Desa Talun, dan ia berharap proses pembangunan bisa lebih cepat selesai.

"Maturnuwun sanget, semoga bantuan ini menjadi berkah, dan Alhamdulillah masyarakat sudah mau pindah. Semoga bisa kompak-kompak semua dan kekurangan pelan-pelan kita benahi, semoga tempat relokasi ini bisa segera selesai dan bisa ditempati," kata Wakil Bupati Lisdyarita.

Pemkab-Ponorogo-Rokok-Ilegal.jpg

Baznas Jawa Timur selain memberikan bantuan bagi warga terdampak tanah gerak di Desa Talun Kecamatan Ngebel, juga memberikan bantuan plesterisasi sebesar Rp50 juta, bantuan hewan ternak kambing Rp75 juta.

Selain itu, juga memberikan bantuan Rp100 juta kepada 2 Gapoktan, dan memberikan beasiswa dan modal usaha kepada pemenang MTQ.

"Kami juga memberikan beasiswa dan modal usaha kepada Rizki Aria Fadli  Sutrisno juara 1 MTQ Nasional pada cabang khot golongan naskah, dan Ahmad Faiz al Haqqi  juara MTQ Nasional pada cabang Hifdzil Quran golongan 1 juz dan tilawah," kata Wakil Ketua IV Baznas Ponorogo, Yuni Ahad Diana mewakili Baznas Jatim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES