Peristiwa Daerah

Semringah, Peserta Genggong Go Green Carnival dari Jateng Dapat Sepeda Baru

Minggu, 22 Januari 2023 - 12:11 | 34.24k
Suryadi saat diminta Gus Haris untuk menceritakan perjalanannya menuju Genggong. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)
Suryadi saat diminta Gus Haris untuk menceritakan perjalanannya menuju Genggong. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Seorang bapak-anak yang mancal sepeda dari Blora, Jawa Tengah, untuk datang mengikuti kegiatan Genggong Go Green Carnival 2023, tiba dengan tersenyum, Minggu (22/1/2023). Tak hanya ikut gowes saja, mereka berdua juga bawa pulang sepeda baru gratis tanpa diundi.

Ia adalah Suryadi (52), asal Banyuwangi, yang datang ke PZH Genggong dengan mengayuh sepeda. Dia bersama anaknya, Aldi Surya Nugraha, mancal sepeda dari Blora, untuk mengikuti Genggong Go Green.

Advertisement

Usai mengikuti funbike di acara tersebut, inisiator kegiatan, Gus dr. Mohammad Haris memintanya untuk naik panggung. Bapak-anak itu diminta untuk memperkenalkan diri dan menceritakan perjalanannya menuju Genggong.

Genggong-2.jpgSuryadi saat mendapat hadiah sepeda baru dari Genggong Go Green. (FOTO: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

"Ya sempat terhenti karena di Sidoarjo itu hujannya sangat lebat. Jadi saya sama si kecil ini terpaksa berteduh di salah satu warung di pinggir jalan, dan akhirnya kita memutuskan untuk bermalam di sana," ceritanya, Sabtu (21/1/2023) malam. 

Sebelumnya, lanjut Surya bercerita, saat sampai di kota Surabaya ia menyempatkan diri untuk menikmati suasana Surabaya bersama anaknya itu dan bermalam di rumah personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat. 

"Karena si kecil minta untuk keliling dulu di Surabaya, akhirnya saya di sana dulu. Rencana saya mau bermalam di Polsek terdekat, tapi si kecil tidak mau dan akhirnya di kantor Satpol PP dan ditawari bermalam di rumahnya," katanya. 

Keesokan harinya, Suryadi melanjutkan perjalanannya menuju ke arah Kabupaten Probolinggo, dan sampai di lokasi pada Jumat (20/1/2023) malam. Diceritakan Suryadi bahwa, anaknya yang masih berumur 12 tahun itu memang sering ikut dirinya berkelana menggunakan sepeda. 

"Memang kemauannya sendiri untuk ikut. Kalau biasanya kita pakai sepeda sendiri-sendiri, tapi karena kali ini jalurnya cukup jauh saya bonceng aja si kecil ini," terangnya. 

Ia mengungkap bahwa, dirinya sedikitpun tidak merasa lelah saat perjalanan menuju lokasi Genggong Go Green, dengan alasan dirinya berniat ikhlas untuk menyambung tali silaturahmi dengan peserta lainnya. 

"Kalau ikhlas dari hati suatu hal apapun pasti akan terasa ringan saat kita lakukan. Terus terang saya tidak merasa capek ataupun nyeri walaupun perjalanan sangat jauh," ungkapnya. 

Diketahui, sebelumnya, Suryadi berangkat dari Banyuwangi ke Blora untuk mengikuti kegiatan  gowes. Setelah itu ia menuju Probolinggo.

Usai bercerita di atas panggung itu, Gus Haris langsung menyodorkan hadiah utama padanya. Suryadi dipersilakan memilih sepeda sesuai keinginannya tanpa harus diundi. Hal itu dilakukan Gus Haris lantaran semangat dan niatnya yang ikhlas.

"Silakan pilih. Gratis tanpa diundi. Kami sangat apresiasi karena semangat dan niatnya. Meski jauh tapi tetap datang dan menikmati acara Genggong Go Green," kata Gus Haris.

Kegiatan Genggong Go Green Carnival 2023 Kabupaten Probolinggo ini merupakan agenda tahunan ke-4 yang telah digelar sejak 2018 lalu. Pembukaan Genggong Go Green itu ditandai dengan dibukanya Expo Kuliner dan Bazar UMKM di Halaman P5 PZH Genggong. Berbagai jenis kuliner buatan putra daerah ini dibuka untuk umum. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES