Peristiwa Daerah

Kolonel Pnb Fairlyanto, Komandan Baru Lanud Abdulrachman Saleh

Senin, 23 Januari 2023 - 16:37 | 32.40k
Panglima Komando Operasi Udara 2 Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra saat menyerahkan tongkat komando kepada komandan Lanud Abdurrahman Saleh yang baru Kolonel Pnb Fairlyanto. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Panglima Komando Operasi Udara 2 Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra saat menyerahkan tongkat komando kepada komandan Lanud Abdurrahman Saleh yang baru Kolonel Pnb Fairlyanto. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGLanud Abdulrachman Saleh resmi punya komandan baru, Kolonel Pnb Fairlyanto.

Serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Lanud Abdulrachman Saleh (Danlanud Abdulrachman Saleh) tersebut dilaksanakan di Taxy Way Skuadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, Senin (23/1/2023).

Advertisement

Sertijab dari pejabat lama Marsma TNI Zulfahmi kepada pejabat baru Kolonel Pnb Fairlyanto itu dipimpin langsung oleh Panglima Komando Operasi Udara II Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra.

Adapun rangkaian upacara sertijab ini meliputi pengambilan sumpah jabatan, penanggalan dan penyematan tanda pangkat serta tanda jabatan, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan tongkat komando dan penyarahan bendera pataka serta penandatanganan naskah berita acara sertijab.

Lanud-Abdulrachman-Saleh-2.jpgPanglima Komando Operasi Udara 2 Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra saat pengecekan pasukan dalam upacara Sartika komandan Lanud Abdurrahman Saleh ke-40. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

"Pelantikan komandan Lanud Abdurrahman Saleh ini merupakan suatu hal yang biasa, tour of area tour of duty, di mana hal tersebut merupakan bagian dari regenerasi di lingkungan militer," ucap Ikoputra.

Sekilas tentang profil Komandan Lanud Abdulrachman Saleh

Marsma TNI Zulfahmi, sudah menjabat selama 20 bulan sebagai Komandan Lanud Abdulrachman Saleh adalah putra kelahiran Bengkulu. Lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1991 itu, adalah penerbang cassa 212 dari Skuadron Udara 4.

Selepas menjabat Danlanud Abdulrachman Saleh, Zulfahmi akan menjabat Inspektorat Koopsud II.

Sedangkan Kolonel Pnb Fairlyanto adalah putra kelahiran Bandung. Fairlyanto adalah pejabat Komandan Lanud Abdulrachman Saleh ke-40.

Dia merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1994. Dia juga tercatat sebagai penerbang pesawat OV-10 Bronco yang juga pernah menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh tahun 2009.

Fairlyanto juga pernah menjabat Kadisops Lanud Abdulrachman Saleh tahun 2014, serta menjabat sebagai Danwing 2 Lanud Abdulrachman Saleh pada tahun 2016.

Lanud-Abdulrachman-Saleh-3.jpgPanglima Komando Operasi Udara 2 Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra saat melakukan salam komando bersama pejabat baru Komandan Lanud Abd Saleh Kolonel Pnb Fairlyanto (kanan) dan pejabat lama Marsma TNI Zulfahmi (kiri) usai upacara sertijab di Lanud Abd Saleh. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

Sesuai Visi Kepala Staf Angkatan Udara salah satunya adalah mewujudkan TNI AU yang disegani di kawasan, salah satunya adalah Lanud Abdulrachman Saleh.

"Lanud Abdulrachman Saleh ini merupakan salah satu Lanud yang strategis, dengan memiliki skuadruon tempur yaitu skuadron 21, skuadron angkut berat yaitu skuadron 32 dan skuadron angkut ringan yaitu skuadron 4 yang saat ini lagi booming, dengan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang kita ketahui bersama kesuksesanya dalam menunjang kegiatan KTT G20 dan juga kegiatan-kegiatan lainnya." ujar Ikoputra yang pernah menjabat Danseskoau II periode 2021 ini.

Disamping sertijab jabatan Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, ditempat yang sama juga dilaksanakan pula Serah Terima Jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang V Daerah II Lanud Abdulrachman Saleh, sebagai organisasi Istri Prajurit TNI AU Lanud Abdulrachman Saleh dari Nyonya Luluk Zulfahmi kepada Nyonya Ila Fairlyanto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES