Peristiwa Daerah

Kadishub Kota Malang: Penataan Kawasan Bukan Hanya Satu Arah Kayutangan

Rabu, 25 Januari 2023 - 14:14 | 16.95k
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Widjaja Saleh Putra saat ditemui awak media. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Widjaja Saleh Putra saat ditemui awak media. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Widjaja Saleh Putra mengubah frasa satu arah arah Kayutangan menjadi penataan lalu lintas di kawasan Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Perubahan itu dilakukan menyesuaikan dengan kebijakan penataan lalu lintas di kawasan Kecamatan Klojen, utamanya di sepanjang Kayutangan Heritage Malang.

Advertisement

"Kalimatnya bukan satu arah, saya ubah menjadi penataan lalu lintas kawasan Klojen," ujar Widjaja, Rabu (25/1/2023).

Frasa penataan lalu lintas ini memungkinkan masih diberlakukannya kebijakan dua arah di titik-titik tertentu. Ia mengungkapkan, saat berdialog dengan masyarakat ada masukan agar penerapan kawasan dua arah tetap dipertahankan, meskipun lokasinya tidak berada di Kayutangan.

"Usulan itu kami tampung dan bisa jadi pertimbangan. Kami akan bawa ke forum lalu lintas untuk dibahas. Jadi kan memang menata lalu lintas di kawasan Klojen itu bukan hanya di titik Kayutangan saja," ungkapnya.

Alasan pengubahan frasa tersebut, lanjut Widjaja, karena memiliki dampak ke hampir seluruh kawasan Klojen untuk ditata kembali.

"Perlu di pahami, program pemerintah adalah penataan arus lalu lintas di Klojen. Sekarang, tahapannya uji coba pelaksanaan penataan arus lalu lintas itu," bebernya.

Ia memastikan bahwa penataan lalu lintas ini bukan hanya untuk Kayutangan Heritage saja. Namun dampak terjadi di lingkup yang cukup besar untuk penataan pengentasan kemacetan di pusat Kota Malang.

"Harapannya kita ambil skema yang terbaik berdasarkan usulan masyarakat," ucapnya.

Sebagai informasi, kawasan utama yang bakal menjadi satu arah, yakni di sepanjang Jalan Basuki Rahmat akan dipertemukan tepat di perempatan Rajabali. Kemudian, Jalan Semeru juga bakal menjadi satu arah menuju Pizza Hut Bromo dan Jalan Kahuripan bakal menjadi satu arah menuju kawasan Alun-Alun Tugu Malang.

Rencananya, Minggu kedua pada bulan Februari 2023 mendatang uji coba satu arah segera dilakukan. Kini, Dinas Perhubungan tengah melakukan rapat forum lalu lintas setelah mendengarkan usulan dari masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES