Peristiwa Daerah

IPEMI Jabar, Bertujuan Ibadah Bermanfaat untuk Sesama

Rabu, 25 Januari 2023 - 22:45 | 18.58k
Dr. Irma Bastaman memberikan sambutan pada acara Rapat Kerja Wilayah Jawa Barat. (Foto : Djarot/TIMES Indonesia)
Dr. Irma Bastaman memberikan sambutan pada acara Rapat Kerja Wilayah Jawa Barat. (Foto : Djarot/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) yang terpusat di Jakarta adalah komunitas para pelaku usaha wanita muslimah  yang tersebar di berbagai provinsi dan daerah di Indonesia. Termasuk di antaranya adalah IPEMI Jabar.

Kegiatan wirausaha jaman sekarang tidak bisa seperti dulu lagi. Kolaborasi dan kerja sama menguntungkan jadi sebuah kebutuhan.

Advertisement

Pada jaman dulu, persaingan tidak seketat seperti hari ini. Hari ini bila hanya bergerak sendiri-sendiri, hasilnya tidak akan maksimal. Apalagi banyak orang berbisnis dalam hal yang sama. Yang membedakan tentu yang mampu berinovasi lebih dan berjejaring.

Dengan kondisi seperti sekarang, para pelaku usaha sudah sewajarnya bila saling berkumpul dalam sebuah komunitas. Semakin solid mereka bekerja sama maka tantangan usaha di depan semakin bisa dilalui.

Dan di sinilah peran IPEMI, terutama IPEMI Jabar yang diketuai oleh Dr Irma Bastaman, sebagai penggerak para pelaku usaha muslimah di Jawa Barat.

Bertepatan tahun baru 2023 yang belum lama hadir, IPEMI berencana akan mengikuti Musyawarah Nasional pada Maret 2023.

IPEMI-Jabar-b.jpgFoto bersama para pengurus IPEMI Jawa Barat beserta Ketua IPEMI Jabar, Irma Bastaman di ON LOC Jl Margacin

Demi mempersiapkan diri, IPEMI Jabar berkonsolidasi dengan semua pengurus. Salah satunya melalui musyawarah wilayah Jabar yang diadakan beberapa waktu lalu.

Pada musyawarah wilayah di restauran Iga dan Steak ON LOC Jl Margacinta Bandung yang dihadiri pengurus daerah seperti Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Purwakarta, dan lainnya, berhasil disatukan program untuk dipresentasikan di Munas IPEMI.

"Semoga tahun 2023 ini, kita awali dengan semangat dan motivasi  yang tinggi untuk menebar kebaikan dan manfaat buat umat, ditengahnya dengan kegembiraan, dan diakhiri dengan kesuksesan," tutur Dr Irma Bastaman, Kamis (26/1/2023)

"Di tahun 2023 ini, apapun kegiatan kita di IPEMI ini diniatkan untuk ibadah yang sifatnya adalah berderma. Jadi, dalam ibadah itu kita tekankan memberi bukan menerima sebab kalau kita memberi pasti kita akan menerima," tambahnya.

Ketua IPEMI Jabar ini pun menekankan bahwa di Organisasi IPEMI ini niatnya bukan laba tetapi kegiatan yang dilakukan di IPEMI niatnya adalah ibadah.

Dampaknya laba yang diinginkan nantinya akan menjadi pahala kelak di akhirat. Adapun cara yang dilakukan adalah dengan memberikan waktu, perhatian, manfaat kepada anggota, pengurus, umat dan berharap Allah swt memberikan pahalanya baik di dunia ataupun akhirat kelak.

Persiapan IPEMI Jabar untuk Rakernas IPEMI

Irma mengingatkan bahwa berkumpulnya para perwakilan dan pengurus di pertemuan sekarang adalah mempersiapkan program untuk rakernas.

"Karena ini merupakan program bersama mulai dari Perwakilan Pusat, Perwakian Daerah, Perwakilan Cabang, dan Perwakilan Unit, dan semuanya harus menyambut rakernas yang akan diselenggarakan nanti," ujarnya.

Irma juga memberitahukan bahwa rakernas IPEMI yang akan diadakan pada hari Minggu dan Selasa, pada 12 dan 14 Maret 2023 yang rencana akan bertempat di Grand Forest Bogor.

Dalam rakernas tersebut diharapkan seluruh pimpinan daerah diminta untuk mengirimkan perwakilannya, minimal tiga orang. Irma mengimbau susunan pengurus seperti Ketua, Sekretaris, dan Bendahara diharapkan bisa hadir di rakernas.

Menurut Irma dari informasi perihal rakernas rencana acaranya adalah hari pertama acara tersebut akan ada silahturahmi nasional yang akan dihadiri oleh Ema Srimartini, Direktur Keuangan Pertamina yang akan bertindak sebagai motivator nasional.

Ketua IPEMI Jabar mengungkapkan pada acara pertama tersebut diharapkan peserta memakai baju adat yang berasal dari daerahnya masing-masing dan ia pun menjelaskan bahwa baju daerah khas Jawa Barat adalah kebaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES