Peristiwa Daerah

Jalan Terang PCNU Jombang Jelang Satu Abad NU

Kamis, 26 Januari 2023 - 11:03 | 31.72k
Kantor PCNU Jombang yang terletak di Jl. Raya Mojoagung No.57, Gambiran Utara, Gambiran, Kec. Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61482. (FOTO: Moh. Ramli/TIMES Indonesia)
Kantor PCNU Jombang yang terletak di Jl. Raya Mojoagung No.57, Gambiran Utara, Gambiran, Kec. Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61482. (FOTO: Moh. Ramli/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Setelah setengah tahun lebih vakum, kepengurusan di Pengurus Cabang Nahdlotul Ulama Kabupaten Jombang (PCNU Jombang) mulai menemukan titik terang. Menjelang peringatan Satu Abad NU, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan surat tentang penunjukan dan pengesahan karteker PCNU Jombang.

Artinya roda organisasi ditubuh PCNU Jombang bisa dijalankan kembali setelah 6 bulan lebih tidak ada kepengurusannya. 

Advertisement

Hal tersebut seperti tertuang dalam Surat Karteker dengan nomor 166/PB.01/A.II.01.45/99/01/2023 yang ditetapkan di Jakarta, Selasa (24/1/2023) yang telah diterima TIMES Indonesia, Kamis (26/1/2023). 

Surat yang ditandatangani oleh Rais Aam dan Katib Aam PBNU beserta Ketum PBNU dan Sekretaris Jenderal PBNU itu memandatkan dua tugas kepada nama-nama yang ditunjuk PBNU dalam karteker PCNU Jombang.  

Tugas yang pertama yakni melaksanakan tugas-tugas kepengurusan PCNU Jombang dengan berpedoman kepada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Nahdlatul Ulama, Peraturan Perkumpulan Nahdlatul Ulama, serta petunjuk dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.  

Tugas Kedua yakni melaksanakan Konferensi Cabang (Konfercab) PCNU Jombang paling lambat tiga bulan semenjak ditetapkannya surat keputusan kartaker dan melaporkan hasilnya kepada PBNU. 

Sementara itu, nama-nama yang ditunjuk PBNU dalam Surat Kartaker PCNU Jombang diantaranya: 

1. KH Atho'illah Sholahuddin Anwar ditunjuk sebagai Rais

2. KH Abdul Latif Malik diamanahi sebagai Katib

3. H Syaifullah Yusuf sebagai Ketua

4. Prof Akh Muzakki sebagai Sekretaris

5. H A Syarif Munawi sebagai Anggota

6. Muhammad Faesal sebagai Anggota

7. Faisal Saimima sebagai anggota 

*Kronologi Kekosongan Kepengurusan PCNU Jombang*

Sebelumnya, PCNU Jombang telah menggelar Konfrensi Cabang (Konfercab) pada tanggal 5 Juni 2022 lalu. Dalam Konfercab tersebut terpilih KH Abdul Nashir Fattah sebagai Rais Syuriah. Adapun ketua tanfidziyahnya, KH Salmanudin Yazid massa bakti 2022-2027.  

Namun, beberapa pekan kemudian, hasil Konfercab PCNU Jombang itu dibatalkan atau dianggap tidak sah oleh PBNU selaku organisasi induk tertinggi di pusat.  

PBNU Menilai ada sejumlah persoalan dalam proses Konfercab itu, yang memutuskan tidak sahnya KH. Salmanudin Yazid sebagai Ketua Tanfidziyah dan hanya mengakui KH Abdul Nashir Fattah sebagai Rais Syuriah PCNU Jombang massa bakti 2022-2027.  

Hal itu dipicu dari proses pemilihan Ketua Tanfidziyah yabg dianggap tidak sesuai AD/ART organisasi. Namun, sesuai kesepakatan forum dalam konferensi yang dilaksanakan waktu itu.  

Tak berhenti disitu, panitia sempat membuat Konfercab ulang sesuai permintaan PBNU. Namun, lagi-lagi PBNU tidak melanjutkan konfercab tersebut.  

Pada waktu itu, Saifullah Yusuf Sekjen PBNU sebagai pimpinan sidang didampingi Wasekjennya hanya membacakan serangkaian WhatsApps dan kronologi, lalu dilakukan penundaan lagi.  

Pasca penundaan konfercab, ada pemanggilan MWC NU dan ranting dalam konsolidasi. Namun, hingga kini belum ada kejelasan. Keadaan ini, semakin rumit setelah KH Abdul Nashir Fattah sebagai Rais Syuriah telah wafat pada 28 Agustus 2022 lalu. Hingga kini, kapan kepastian Konfercab PCNU Jombang akan kembali digelar belum diketahui. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES