Penukaran Uang Membludak, BI Jatim Utamakan Pengguna Aplikasi Pintar

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Pengguna Lantatur (layanan tanpa turun) penukaran uang di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jatim membludak sejak diluncurkan pada 25 Maret 2023 lalu atau tepat dua hari memasuki Ramadan.
Masyarakat berbondong-bondong bahkan sampai harus menimbulkan antrean panjang sepanjang jalan. Kuota penukaran sebanyak 2.000 paket per hari terserap sepenuhnya pada layanan minggu pertama tersebut.
Advertisement
Layanan tanpa turun penukaran uang ini pada awalnya direncanakan berlangsung setiap hari Sabtu dan Minggu di halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur selama bulan Ramadhan dari 25 Maret-16 April 2023.
Namun, mekanisme layanan tanpa turun dari kendaraan menuai antusiasme di luar perkiraan.
Merespon tingginya antusiasme masyarakat terhadap layanan tanpa turun penukaran uang, Bank Indonesia Jatim meminta masyarakat memakai Aplikasi PINTAR pada alamat https://pintar.bi.go.id. Bank Indonesia memberi kuota sebanyak 75% dari total layanan per hari.
Bank Indonesia Jatim menambah kuota penukaran hingga 25% menjadi 2.500 penukar per hari.
"Berdasarkan evaluasi minggu pertama yang lalu, Bank Indonesia Jatim memutuskan untuk menyesuaikan mekanisme layanan drive thru penukaran uang pada periode 1-2 April 2023 dan minggu berikutnya," terang Kepala Perwakilan BI Jatim, Budi Hanoto, Rabu (5/4/2023).
Pada layanan tanpa turun tanggal 8, 9, 15 dan 16 April 2023 ini, Bank Indonesia hanya melayani masyarakat yang telah melakukan pemesanan penukaran uang melalui Aplikasi Pintar tersebut.
Cara pesannya sangat mudah. Masuk Pintar pada alamat https://pintar.bi.go.id. Klik penukaran uang melalui kas keliling, pilih provinsi Jatim lalu klik lihat lokasi, pilih kas keliling kota Surabaya sesuai tanggal yang diharapkan dan kemudian isi formnya.
Pemesanan melalui Pintar dapat dilakukan H-2 dari tanggal layanan drive thru sejak pukul 09.00 WIB sepanjang kuota masih tersedia. Tersedia kuota penukar hingga 2.500 orang/hari.
"Silahkan masyarakat memesan di Aplikasi Pintar untuk mendapatkan kepastian layanan penukaran uang," tambahnya.
Pada waktu yang sudah dipilih, penukar Pintar dapat datang ke lokasi penukaran dengan membawa print out atau screenshoot bukti pemesanan disertai dengan KTP asli penukar.
Dalam hal penukar menerima titipan dari penukar lain, dibatasi maksimal tiga bukti pemesanan dan dapat menunjukkan KTP asli penukar yang menitip.
Bagi masyarakat yang tidak memperoleh kuota penukaran melalui Aplikasi Pintar tetap akan dilayani namun dengan kuota penukaran yang terbatas atau masyarakat dapat mencoba pemesanan Pintar periode minggu berikutnya.
Masyarakat juga dapat melakukan penukaran uang pada outlet-outlet bank yang telah diberikan tanda khusus berupa Spanduk Layanan Penukaran Uang dengan jadwal bank umum pada Selasa, Rabu, Kamis pukul 08.30-11.30 WIB serta BPR tiap Senin dan Jumat, pukul 08.30-11.30 WIB. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Wahyu Nurdiyanto |
Publisher | : Lucky Setyo Hendrawan |