Peristiwa Daerah Info Haji 2023

Kantor Kemenag Ponorogo Perpanjang Pelunasan Biaya Haji Hingga Besok

Kamis, 11 Mei 2023 - 14:20 | 65.27k
Marjuni, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Ponorogo. (Foto: Kemenag Ponorogo for TIMES Indonesia)
Marjuni, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Ponorogo. (Foto: Kemenag Ponorogo for TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Haji 2023

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo (Kemenag Ponorogo) akhirnya mengambil kebijakan untuk memperpanjang pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH)  atau biaya haji untuk keberangkatan musim haji 2023 Masehi/ 1444 Hijriah.

Semula batas waktu pelunasan dilakukan pada tanggal 5 Mei 2023 lalu dan diperpanjang sampai tanggal 12 Mei 2023 besok.

Kebijakan perpanjangan pelunasan BPIH itu, dikarenakan masih banyaknya jemaah haji yang tahun ini berhak lunas dan berangkat, namun sampai tanggal pelunasan yang ditentukan belum melakukan pelunasan.

"Rata-rata nasional juga banyak jemaah haji yang masuk porsi berangkat tahun 2023 masih belum membayar lunas. Akhirnya ada kebijakan dari Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah untuk memperpanjang pelunasan BPIH hingga 12 Mei 2023 besok,"  kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Ponorogo Marjuni Kamis (11/5/2023).

Menurut Marjuni, data dari Kantor Kemenag Ponorogo tertanggal 5 Mei 2023 lalu, dari 570 jemaah haji yang tahun ini berhak berangkat ke tanah suci, ada 65 jemaah yang belum melunasi pembayaran BPIH-nya.

Jumlah itu terdiri dari jemaah haji yang berhak lunas sebanyak 64 orang dan 1 orang yang masuk cadangan. Jika diprosentase jumlah jemaah haji yang tahun ini berhak berangkat dan sudah melunasinya sebanyak 89 persen.

"Dari porsi 570 jemaah haji yang berangkat tahun ini baru 505 yang melunasi BPIH. Ada 65 orang yang per tanggal 5 Mei lalu tercatat belum melunasinya," sebutnya. 

Adanya jemaah haji yang belum melunasi BPIH,  Kantor Kemenag Ponorogo pun memanggil 26 jemaah haji cadangan. Sebelumnya jumlah jamaah haji cadangannya sebanyak 21 orang. Sehingga total cadangan jemaah haji ada 47 orang.

Mayoritas dari 26 jemaah haji cadangan itu siap melakukan pelunasan BPIH. Mereka pun menandatangani kesiapan untuk keberangkatan menunaikan haji tahun ini.

"Jemaah haji kategori cadangan ini, jika tidak berangkat pada tahun ini (musim haji 2023), maka akan masuk prioritas keberangkatan pada tahun depan,"  tukas Marjuni,Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Ponorogo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES