Peristiwa Daerah

Pendaftaran Bacaleg Kota Kediri Ditutup, Gerindra dan Garuda Pendaftar Terakhir

Senin, 15 Mei 2023 - 04:31 | 63.05k
Ketua DPC Gerindra Kota Kediri Katino (tengah) usai memberikan keterangan terkait pendaftaran bacaleg (foto : yobby/Times Indonesia)
Ketua DPC Gerindra Kota Kediri Katino (tengah) usai memberikan keterangan terkait pendaftaran bacaleg (foto : yobby/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Partai Gerindra dan Partai Garuda menjadi dua pendaftar terakhir bacaleg DPRD Kota Kediri. Kehadiran kedua partai tersebut pada Minggu Malam, (14/05/2023) menggenapi keseluruhan parpol peserta pemilu yang mengajukan bacaleg di KPU Kota Kediri.  

Hanya ada 17 parpol peserta pemilu yang mendaftar, mengingat Partai Buruh tidak memiliki perwakilan di Kota Kediri, saat pendaftaran parpol. "Dari seluruh parpol sudah mendaftar. Partai buruh memang tidak ada di Kota Kediri, namun secara nasional adalah peserta pemilu 2024 nanti," ujar Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi. 

Sama seperti sejumlah daerah lain, parpol di Kota Kediri memilih 5 hari terakhir untuk mendaftarkan bacaleg mereka. Hanura jadi yang pertama pada Rabu (10/05/2023), menyusul PDI Perjuangan, NasDem dan PKS di Kamis (11/05/2023). 

Di hari Jumat (12/05/2023) PAN dan PPP turut mengajukan bacaleg, lalu pada Sabtu (13/05/2023) ada PSI, PBB, PKB dan Partai Ummat. Sedang di hari terakhir Minggu pagi (14/05/2023) ada PKN, Perindo, Golkar, Demokrat. Keempatnya disusul Gerindra dan Garuda pada malam harinya. 

Terkait pendaftaran bacaleg tersebut, Ketua DPC Gerindra Kota Kediri mengungkapkan pihaknya mengusung full kuota pendaftaran yakni 30 orang, yang terbagi menjadi 9 orang di Dapil 1, 9 Orang di Dapil 2, dan Dapil 3 ada 12 orang.  "Gerindra Kota Kediri ditarget meraih 6 kursi (DPRD Kota Kediri)," ungkapnya.

Yang menarik, ditambahkan Katino, diantara bacaleg yang didaftarkan terdapat mantan ketua umum Gerindra Kabupaten Kediri. Di luar itu ada bacaleg yang merupakan pengusaha, mahasiswa,m serta juga mantan kader dari partai lain yang kini bergabung dengan Gerindra Kota Kediri. 

Untuk keterwakilan perempuan, Katino menambahkan saat ini sudah melebihi syarat minimal 30 persen. Nantinya, Gerindra Kota Kediri juga akan memiliki tim khusus pemenangan yang anggotanya adalah kaum perempuan. "Kita berikan edukasi, politik tidak harus para pria. Perempuan harus lebih di depan," tambahnya. 

Untuk persiapan pemenangan sendiri mulai dari pengurus DPC, PAC, ranting, sayap-sayap partai Gerindra serta relawan akan digerakkan. 

Gerindra Kota Kediri tiba di KPU Kota Kediri sekitar pukul 20.00. Selang sekitar 3 jam setelah itu, ganti Partai Garuda yang mendaftarkan bacaleg. 

Ketua DPC Garuda Kota Kediri Pahlevi mengungkapkan pihaknya baru mendaftar jelang penutupan karena ada sedikit kendala teknis.

Partai Garuda mendaftarkan 25 orang bacaleg DPRD Kota Kediri pada pemilu 2024 nanti. "Di dapil 1 ada 8 orang, dapil 2 bacaleg 5 orang, dan dapil 3 ada 12 orang," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES