Peristiwa Daerah

475 Polisi RW di Situbondo Dilantik, Maksimalkan Aplikasi SOT Presisi

Sabtu, 20 Mei 2023 - 11:17 | 89.33k
Kapolres Situbondo berfoto bersama Polisi RW yang mengenakan pakaian khas suku Madura. (FOTO: Humas Polres Situbondo for TIMES Indonesia)
Kapolres Situbondo berfoto bersama Polisi RW yang mengenakan pakaian khas suku Madura. (FOTO: Humas Polres Situbondo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Menindaklanjuti program Polisi RW yang tengah digagas oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Polres Situbondo secara resmi melantik 475 Polisi RW. Kinerja Polisi RW nantinya akan memaksimalkan aplikasi SOT Presisi. 

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, dalam sambutannya menjelaskan, program Polisi RW merupakan salah satu program Kapolri guna meningkatkan hubungan interaksi dan komunikasi dengan masyarakat. 

Sebanyak 475 personel dilantik secara resmi oleh Kapolres Situbondo dan siap bertugas untuk meningkatkan penyelenggaraan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas. 

Seluruh personel Polisi RW Situbondo tersebut nantinya akan membantu Polres Situbondo menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan monitoring dan pelaporan berkala melalui aplikasi terbaru Polri bernama SOT Presisi. 

Melalui aplikasi tersebut, nantinya Polisi RW yang bertugas akan melaporkan setiap kegiatan yang terlaksana di wilayah masing-masing. “Sehingga semua dokumentasi kegiatan termonitor langsung oleh pimpinan,” jelas Kapolres Situbondo.

Selain itu, personel Polisi RW diharapkan bisa melakukan penyelesaian terhadap segala permasalahan yang ada dengan cepat dan bisa mencegah potensi kejahatan di lingkungan masyarakat, khususnya di tingkat RW.  

Lebih lanjut, Kapolres Situbondo berharap, program Polisi RW ini bisa berjalan beriringan dengan kegiatan dari Bhabinkamtibmas. Sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri dapat meningkat. “Serta terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat,” imbuhnya.

Mengutip publikasi Profil Kabupaten Situbondo 2022, terdapat setidaknya 1.220 rukun warga (RW) yang tersebar di 132 desa di 17 kecamatan. Dengan dilantiknya 475 personel Polisi RW Situbondo, setidaknya setiap personel akan bertugas memonitor paling sedikit tiga RW sekitarnya.

Sebagai informasi, program Polisi RW atau Polisi Jaga Warga merupakan sebuah program dari pemerintah yang bertujuan sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas yang akan dilaksanakan di lingkup wilayah terkecil.

Program Polisi RW pertama kali dicetuskan oleh Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Fadil Imran ketika dirinya menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya sejak 2020 hingga awal 2023. Kini, program Polisi RW dicanangkan sebagai program nasional dan mulai diberlakukan di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya di Polres Situbondo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES