Paserba Bangga Lokal Pakuwon Mall, Gerai Produk UMKM Berdaya Saing

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Ratusan brand lokal memajang produk mereka di Gerai Pasar Serba Ada (Paserba) Bangga Lokal Pakuwon Mall Surabaya. Ada produk busana, kecantikan, makanan dan minuman serta penunjang hobi.
Pasar Bangga Lokal ini menyajikan 102 brand lokal. Dari Surabaya, Jakarta dan Bali. Kualitasnya juga tak main-main. Beberapa baju dengan kain istimewa, sepatu mirip impor dan bermacam produk lain yang sangat menarik.
Advertisement
Brand Noesa misalnya. Menggunakan bahan kain Lombok dengan berbagai peruntukan dan fungsi fashion. Seperti tali tas, dompet, bandana, gantungan kunci hingga name tag. Kemudian juga ada Bell Wood, Botanical, Gio Cardin, Amanda Leather, Jakersfield dan Bagasi.
Merek-merek ini sudah dikenal memiliki kualitas mumpuni karena telah melewati proses kurasi sebelum bergabung dalam Paserba Bangga Lokal.
Paserba Bangga Lokal sendiri merupakan besutan Bank Central Asia (BCA) sejak November 2020 lalu berkolaborasi dengan Brightspot Market dan kini hadir di Lantai Dasar Home Pro Pakuwon Mall Surabaya.
Pembukaan Paserba Bangga Lokal Pakuwon Mall Surabaya dihadiri oleh VP Divisi Pengembangan Solusi Kerja Sama Transaksi Perbankan BCA Wirya Setiawan, SVP Transaction Banking Business Development BCA Dody Santosa Iswab dan Founder Brightspot Market Anton Wirjono.
Para brand yang bergabung dalam Paserba Bangga Lokal adalah Pelaku UMKM binaan. Sebelumnya, Paserba Bangga Lokal juga sudah ada di Bali. Brightspot Market sendiri berhasil mengurasi 215 tenan dengan catatan kunjungan mencapai 60 ribu orang di sana sejak kali pertama program itu diluncurkan.
Pengunjung memilih busana di Paserba Bangga Lokal Pakuwon Mall Surabaya, Kamis (14/9/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Perkembangan brand lokal dinilai sangat luar biasa. BCA kemudian memperluas kurasi dengan membuat Pasar Bangga Lokal dan berekspansi di sejumlah mall. Salah satunya di Surabaya agar pengusaha lokal di Surabaya dapat termotivasi dan selanjutnya bisa on boarding. BCA akan melakukan kurasi berdasarkan desain dan kualitas produk.
"Kami dari perbankan akan mensupport," terang SVP Transaction Banking Business Development BCA, Dody Santosa Iswab saat pembukaan Pasar Bangga Lokal Pakuwon Mall Surabaya, Kamis (14/9/2023).
Pasar Bangga Lokal menyasar para pelaku UMKM. Pada mulanya saat pandemi lalu. Di mana brand lokal merupakan penopang perekonomian masyarakat.
Konsep ini sejalan dengan Brightspot Market yang telah secara konsisten menjadi wadah bagi industri kreatif sejak 2009. Kerja sama ini terus bergulir.
BCA kemudian memfasilitasi mereka dengan menggandeng dan memayungi melalui sebuah movement atau gerakan bernama Bangga Lokal. Ada pelatihan dan pembinaan dengan tujuan agar para pelaku usaha dapat menembus pasar ekspor. Termasuk akses finance (pembiayaan) dan pembukuan. Saat ini sudah ada 2 ribu brand binaan.
BCA fokus pada empat pilar. Fashion, beauty, hobby dan F&B. Pada saat G-20 di Bali, BCA kemudian masuk menyediakan stand agar brand lokal dilirik dunia internasional.
BCA juga memiliki UMKM Fest dan kegiatan pendukung lainnya di Surabaya. Nasabah UMKM di BCA sendiri sangat besar.
"Total 30 jutaan customer BCA, 20 persen adalah UMKM," katanya.
Transaksi Pelaku UMKM di Surabaya di BCA terus bertumbuh dan mengalami kenaikan hampir tiga kali lipat dari 2021-2023.
Pemilihan Pakuwon Mall Surabaya sebagai lokasi gerai Pasar Bangga Lokal karena pertimbangan traffic pengunjung.
Beberapa brand sangat berminat untuk mengakses pasar Surabaya dan kemudian kerja sama itu terwujud. Ada brand Daru Surabaya, Jakarta dan Bali total sekitar 102 brand. Dari Surabaya 15-20 brand.
"Target hampir 200 brand dapat bergabung. Kita ingin ngasih solusi agar brand lokal dapat terus berkembang," ungkap Founder Brightspot Anton Wirjono.
Sampai saat ini Brightspot Market sudah mengkurasi 800 brand. Di mana hero dalam festival itu adalah brand-brand lokal tersebut.
Surabaya dinilai memiliki market potensial sehingga dipastikan kehadiran Paserba Bangga Lokal akan berkelanjutan dengan membidik konsep urban lifestyle. Diharapkan transaksi Paserba Bangga Lokal per bulan sekitar lebih dari Rp500 juta - Rp600 juta.
Paserba Bangga Lokal Pakuwon Mall Surabaya juga memberikan promosi menarik setiap hari. Setiap belanja senilai Rp300 ribu menggunakan kartu debit, kredit ataupun pembayaran digital QRIS BCA/Mobile BCA akan langsung mendapat potongan Rp100 ribu.(*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Irfan Anshori |
Publisher | : Sholihin Nur |