Peristiwa Daerah

Kabupaten Malang Punya Banyak Seni Tradisi Lokal, Butuh Dukungan untuk Membangkitkan

Sabtu, 27 Januari 2024 - 17:43 | 24.41k
Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Malang, M Risqi Irvansyah (baju biru), saat menghadiri acara pagelaran pencak silat Banjarsari di Bululawang, Kabupaten Malang. (FOTO: Amin/TIMES Indonesia)
Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Malang, M Risqi Irvansyah (baju biru), saat menghadiri acara pagelaran pencak silat Banjarsari di Bululawang, Kabupaten Malang. (FOTO: Amin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Berbagai seni tradisi lokal tumbuh di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Malang. Para pegiat seni lokal ini berharap, ada perhatian tinggi banyak pihak, agar kesenian lokal tetap bisa hidup dan lestari. 

Seni tradisi lokal ini seperti seni bela diri pencak silat Banjarsari yang ada di wilayah Bululawang, Kabupaten Malang. 

"Beberapa tahun, seni bela diri asli Banjarsari ini hampir mati dan punah. Para pegiatnya tetap bertahan, namun butuh dukungan berbagai pihak agar bisa bangkit kembali," terang Ketua Paguyuban Pencak Silat Banjarsari, Tresno Santuso, Sabtu (27/1/2024). 

Seni lokal pencak silat Banjarsari ini, tepatnya berada di Desa Bakalan, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang. 

Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Malang, M Risqi Irvansyah mengungkapkan, seni tradisi lokal semestinya memang harus menjadi perhatian bersama. 

"Selain bisa merawat nilai-nilai lokal kehidupan masyarakat, seni tradisi juga bisa mendatangkan potensi unggulan bagi masyarakat dan bangsa. Seperti halnya, di bidang pariwisata dan olahraga," terang Risqi Irvansyah. 

Pemajuan seni dan budaya, lanjutnya, juga menjadi salah satu program yang penting dan diusung kepemimpinan nasional ke depan. Terlebih, Prabowo Subianto sendiri merupakan ketua pencak silat sedunia.

"Kita sebagai kader Gerindra di perwakilan rakyat, tentu harus merangkul dan melestarikan kesenian tradisi lokal yang ada di Kabupaten Malang, termasuk pencak silat. Ya, ikut mendukung agar pencak silat di Kebupaten Malang kedepan mampu membawa harum nama Indonesia bahkan di kancah internasional," tandas tokoh muda ini optimistis. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES