Peristiwa Daerah

Rakernas Kemenag 2024: Evaluasi Kinerja 2023 dan Langkah Strategis Menuju Indonesia Emas 2045

Selasa, 30 Januari 2024 - 08:45 | 24.18k
Sekjen Kemenag, Nizar Ali. (Foto: Kemenag RI)
Sekjen Kemenag, Nizar Ali. (Foto: Kemenag RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama bersiap menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024, yang menjadi panggung evaluasi kinerja 2023 dan perumusan target program 2024. Sekjen Kemenag, Nizar Ali, menjelaskan bahwa Rakernas Kemenag RI juga akan menetapkan langkah strategis untuk memperkuat kerukunan umat pascapemilu 2024.

Acara Rakernas, yang dijadwalkan berlangsung di Semarang pada 5–7 Februari 2024, akan dihadiri oleh pejabat Eselon I dan II, Kanwil Kemenag Provinsi, serta pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). Dengan tema "Transformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045", forum ini menjadi wadah penting untuk mengevaluasi capaian kinerja dan merumuskan strategi ke depan.

Nizar menegaskan kepentingan Rakernas 2024 sebagai tahap akhir pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Dalam konteks ini, Kemenag berperan strategis dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan agama dan keagamaan. "Kepercayaan publik terhadap lembaga pendidikan binaan Kemenag terus meningkat," ungkap Nizar.

Selain itu, Rakernas 2024 juga dipandang strategis karena tahun ini merupakan tahap akhir pemilihan umum. Nizar menekankan pentingnya penguatan moderasi beragama untuk menjaga kerukunan umat, sebagai prasyarat kelangsungan pembangunan. Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setjen Kemenag, Nurudin, menambahkan bahwa forum ini bertujuan mempertajam arah kebijakan dan merumuskan strategi pelaksanaan program 2024.

Rakernas Kemenag 2024 diharapkan membuka ruang untuk mengidentifikasi kelemahan serta merancang strategi pelaksanaan program Kementerian Agama. Dengan kehadiran narasumber dari berbagai bidang, termasuk Menteri Keuangan, Menteri PPN/BAPPENAS, dan Ketua PBNU, forum ini menjadi langkah penting dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES