Peristiwa Daerah

Wagub Jatim Bakar Semangat Siswa SMK Untuk Berkarya di Industri Game

Rabu, 31 Januari 2024 - 22:54 | 18.08k
Wagub Jatim, Emil Dardak saat menjadi pemateri dalam Sharing Peluang Industri Game di Kalangan Gen Z di SMK Widyagama, Rabu (31/1/2024). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)
Wagub Jatim, Emil Dardak saat menjadi pemateri dalam Sharing Peluang Industri Game di Kalangan Gen Z di SMK Widyagama, Rabu (31/1/2024). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, memberikan motivasi dan wawasan kepada siswa SMK Widyagama Malang dalam kegiatan "Sharing Peluang Industri Game di Kalangan Gen Z," yang berlangsung pada Rabu (31/1/2024). Dalam kesempatan tersebut, Wagub berbagi pengetahuan mengenai perjalanan industri game global, sambil membakar semangat siswa untuk lebih giat belajar dan terlibat di dunia industri game.

Emil Elestianto Dardak mengajak siswa untuk melihat potensi luar biasa dalam industri game di Indonesia. Ia bahkan mengungkapkan pengalamannya ketika diajak oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, untuk mengembangkan industri game di tanah air. Wagub mendorong siswa untuk fokus mengembangkan keterampilan coding dan pemrograman, mengingat potensi pertumbuhan yang terus berkembang.

"Saya mengingatkan teman-teman bahwa nantinya, setelah lulus dari SMK, akan dituntut untuk belajar terus. Belajar platform baru, programming baru, aplikasi baru, karena semuanya akan terus berkembang," ujarnya.

Selain memberikan nasihat, Emil memberikan tips kepada siswa agar dapat mengembangkan diri mereka secara maksimal. Salah satunya adalah dengan bergabung dalam komunitas yang memiliki fokus pada bidang tersebut. Wagub menekankan bahwa kunci sukses terletak pada kemauan untuk terlibat dalam komunitas yang relevan.

"Kuncinya adalah bersedia bergabung dalam komunitas. Misalnya, komunitas para pengembang yang menggunakan platform-platform Google untuk mengembangkan berbagai solusi aplikasi," tambahnya.

Emil Elestianto Dardak menyadari bahwa era sekarang, terutama kalangan milenial, sangat tertarik pada dunia game. Namun, ia ingin mendorong mereka untuk tidak hanya menjadi penikmat, melainkan juga menjadi kontributor yang dapat menghasilkan manfaat lebih besar untuk bangsa. Melalui pembelajaran di SMK, siswa diharapkan dapat mengeksplorasi dan mengembangkan potensi mereka di dunia industri.

"SMK menjadi langkah awal untuk siswa mengembangkan diri dan terlibat di dunia industri, sehingga keterampilan yang diperoleh di sekolah dapat digunakan untuk mengembangkan game atau platform lainnya," pungkas Wagub.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES