Peristiwa Daerah

Forkopimcam Lumbang Perbaiki Pipa Air Bersih Akibat Banjir Bandang Madakaripura

Kamis, 01 Februari 2024 - 20:36 | 20.37k
Forkopimcam berbondong lakukan perbaikan. (FOTO: Polsek Lumbang for TIMES Indonesia)
Forkopimcam berbondong lakukan perbaikan. (FOTO: Polsek Lumbang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Pipa air bersih yang rusak akibat banjir bandang di wisata Air Terjun Madakaripura, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jatim, pada Kamis (27/1/2024) telah diperbaiki. 

Perbaikan dilakukan oleh Forum Komunikasi Kecamatan atau Forkopimcam Lumbang. Saluran tersebut mengalirkan air bersih ke beberapa desa di Kecamatan setempat.

Meskipun beberapa perbaikan telah dilakukan, namun untuk menghindari kejadian serupa, rencananya Forkopimcam Lumbang akan mencari lokasi yang aman untuk penempatan saluran pipa air bersih tersebut.

Kapolsek Lumbang AKP Suharsono mengatakan, sejak Rabu (31/1/2024), ia bersama Forkopimcam Lumbang, warga, dan pelaku wisata telah melakukan perbaikan pipa yang rusak.

Pipa yang rusak mengarah ke Desa Branggah dan Desa Nogororejo. Akibatnya, pasokan air bersih ke kedua desa tersebut terputus.

"Perbaikan yang dilakukan dengan cara mengganti pipa sebanyak 6 pipa dengan panjang masing masing 4 hingga 6 meter," kata AKP Suharsono, Kamis (1/2/2024) siang.

Dengan adanya perbaikan itu, setidaknya sebagian besar sudah mulai mendapatkan pasokan air bersih kembali.

Menurutnya, perbaikan yang dilakukan hanya pada pipa yang rusak saja. Maka nantinya, jika ada bantuan pipa dari BPBD Kabupaten Probolinggo, akan digunakan untuk saluran pipa air bersih yang sudah tidak layak.

Agar pipa air bersih tidak putus lagi akibat banjir bandang setelah Pemilu 2024, maka Forkopimcam dan warga berencana untuk memindahkannya ke tempat yang lebih aman.

Selain itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Oemar Sjarief, menyatakan, akibat pipa air putus pasca banjir bandang, dua desa yang terkena dampak adalah Desa Negororejo dan Desa Branggah.

Setelah itu, hasil identifikasi menunjukkan jika pipa yang perlu diperbaiki di Desa Negororejo dan Desa Branggah masing-masing sepanjang 300 meter dengan ukuran 3 dim.

Bantuan untuk pipa yang rusak akan menggunakan dana tak terduga (TT) dari Kabupaten Probolinggo dan Provinsi Jawa Timur.

"Jika dana sudah turun, maka kita akan salurkan bantuan pipa ini ke warga," tandas Oemar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES