Peristiwa Daerah Info Pemilu 2024

Wajib Kompeten, Setiap TPS Harus Miliki Satu Saksi Pemilu

Rabu, 07 Februari 2024 - 16:46 | 12.40k
Ratusan saksi ikuti giat penguatan kapasitas ToT di Pasebana Sena, Kota Probolinggo. (FOTO: Rizky Putra Dinasti/TIMES Indonesia)
Ratusan saksi ikuti giat penguatan kapasitas ToT di Pasebana Sena, Kota Probolinggo. (FOTO: Rizky Putra Dinasti/TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Pemilu 2024

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Menjadi seorang saksi, harus memiliki wawasan dan kompetensi, karena saksi merupakan tangan panjang dari peserta pemilu dalam pengawasan dan rekapitulasi.

Selain itu, idealnya setiap TPS memiliki satu saksi untuk peserta Pemilu 2024.

Menurut Azam Fikri, dalam kegiatan Penguatan Kapasitas (ToT) dan skema penyelenggaraan saksi peserta pemilu se-Kota Probolinggo, Rabu (7/2/2024), di Paseban Sena, Kota Probolinggo, Jawa Timur, saksi harus memahami tugas-tugasnya dengan baik.

"Sebagai seorang saksi, harus mengetahui betul tugas dan regulasinya," kata pria yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Bawaslu periode 2019-2023.

Azam, yang juga koordinator daerah akademi pemilu dan demokrasi wilayah Probolinggo, mengatakan, menurutnya, saksi Pemilu memiliki mandat yang cukup istimewa.

Oleh karena itu, saksi Pemilu harus dilengkapi dengan berbagai kemampuan, seperti kemampuan berbicara dan berhitung. Selain itu, para saksi juga harus cermat dan disiplin.

"Pentingnya saksi memiliki kompetensi. Mereka ditugaskan untuk mengetahui betul bagaimana langkahnya jika ditemukan selisih dalam perhitungan," imbuhnya.

Ditanya tentang jumlah ideal untuk saksi, Azam menjelaskan jika idealnya adalah satu saksi untuk setiap TPS bagi peserta pemilu.

Komisioner Bawaslu Kota Probolinggo, Ade Uno menambahkan, pelatihan untuk saksi yang dilakukan oleh Bawaslu merupakan bagian dari tugas Bawaslu sesuai dengan Undang-undang.

Bawaslu memberikan pemahaman kepada saksi parpol tentang tata cara dalam kegiatan pungut hitung di TPS sesuai dengan pedoman terbaru dari PKPU dan Perbawaslu terkait dengan pungut hitung.

"Diharapkan dengan kegiatan pelatihan ini, para saksi memiliki pemahaman dalam setiap tahap proses pemungutan suara, sehingga mereka paham betul mengenai tugas-tugasnya," katanya.

Terpisah, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Kota Probolinggo, Titin Andriani, mengatakan jika partainya menyiapkan 1 saksi untuk pileg dan 1 saksi untuk pilpres di setiap TPS.

"Anggaran saksi ini cukup besar, hampir 350 juta. Dan sebagian memang telah dicover oleh DPP. Kami, sebagai pengurus di daerah, diwajibkan menyiapkan 2 saksi di setiap TPS," tutup Titin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES