Peristiwa Daerah

Audiensi LBH GP Ansor Kota Mojokerto-Pemkot Bahas KUHP Baru Terhadap Kalangan Milenial

Jumat, 22 Maret 2024 - 21:52 | 17.65k
Pj. Wali Kota Mojokerto, Ali Kuncoro pada saat menerima audiensi LBH GP Ansor Kota Mojokerto di Pemkot Mojokerto, Jumat (22/3/2024) (Dok. TIMES Indonesia)
Pj. Wali Kota Mojokerto, Ali Kuncoro pada saat menerima audiensi LBH GP Ansor Kota Mojokerto di Pemkot Mojokerto, Jumat (22/3/2024) (Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO\ – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Mojokerto melakukan audiensi dengan Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto, Ali Kuncoro, Jumat (22/3/2024).

Audiensi ini membahas tentang terbitnya peraturan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) terbaru yang memiliki dampak luas terhadap kalangan milenial di Kota Mojoekerto.

Ketua LBH GP Ansor Kota Mojokerto, Lukman Sugiharto Wijaya mengungkapkan bahwa pembahasan dalam kegiatan tersebut adalah adanya kesamaan cara pandang dalam upaya untuk menjaga kondisi sejuk dan kondusif dalam bidang hukum di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Berkaitan dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tersebut tentunya perlu didukung upaya dari pemerintah untuk mengsosialisasikan kepada semua elemen di Masyarakat, tentunya yang tidak kalah penting di kalangan milenial atau kepemudaan.

“Hal ini sejalan dengan motto nasional kita yaitu menuju Indoensia Emas 2045, maka pastilah sangat strategis peran dan partisipasi aktif dari para pemuda ini.  Apalagi tantangan menyongsong tahun 2024 ke depan yang syarat dengan kepentingan hajat pesta demokrasi ini tidak bisa dipungkiri akan terjadi persaingan dan kompetisi dalam bidang politik antara anak bangsa satu dengan yang lainnya,” terang Lukman, Jumat (22/3/2024).

“Maka disinilah peran dan tanggung jawab bersama sebagai warga negara yang baik dan cinta perdamaian, ini melakukan berbagai upaya untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan negeri yang kita cintai ini,” sambungnya.

Sebagai salah satu unsur organisasi kepemudaan di Indonesia, GP Ansor melalui LBH Ansor berkontribusi nyata menjadi bagian untuk hal itu. Lukman mengungkapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Mojokerto dalam menerima audiensi dengan pembahasan yang cukup vital di kalangan milenial.

"Maka kami sangat berterimakasih kepada Mas Pj Walikota karena berkenan untuk menerima dan men-support penuh atas kegiatan kami di bidang hukum untuk menegakkan keadilan bagi kaum yang lemah dan yang dilemahkan, tanpa terkecuali, tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, jenis kelamin dan golongan, dengan berpegang teguh pada nilai-nilai ke-Islaman Rahmatan Lil Alamin, kemanusiaan, ke-Indonesiaan, ke-NU-an, dan ke-Ansor-an”, kata Lukman.

Lukman menambahkan, dalam bulan Ramadan ini akan dilaksanakan Talkshow Hukum dengan tema “Dampak berlakunya UU No. 1 Tahun 2023 Tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana bagi milenial” sebagai bentuk nyata kontribusi LBH Ansor kepada Masyarakat Kota Mojokerto.

“Pemuda hari ini adalah calon pemimpin-pemimpin masa mendatang yang ada di negeri ini baik di pemerintahan maupun semua lini organisasi di Masyarakat, seyogyanya melek hukum dan peraturan yang berlaku lainnya,” ungkap Lukman.

Sementara itu dari Pemkot Mojokerto turut menyambut baik atas kegiatan tersebut. Pj. Wali Kota Mojokerto, Ali Kuncoro mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kehadiran LBH GP Ansor Kota Mojokerto.

"Karena para pemuda harus aktif berkontribusi dalam membangun negeri ini menuju yang lebih baik, melalui kegiatan-kegiatan yang positif dan produktif untuk masyarakat," ucap Ali Kuncoro.

"Dan juga dapat menjadi bagian yang aktif dalam mengedukasi masyarakat untuk cerdas dan pandai dalam memilih pemimpin di saat mendatang dalam pesta demokrasi lanjutan di akhir tahun ini yaitu Pilkada Kota Mojokerto. Pilihlah pemimpin yang amanah dan baik dalam mewujudkan kesejahteraan Masyarakat,” kata Ali Kuncoro.

Kegiatan ini dapat terlaksana karena support dari berbagai pihak, yang menjadi agenda permulaan untuk menyiapkan kegiatan selanjunya yaitu Talkshow Hukum di waktu yang akan datang. Audiensi tersebut dihadiri oleh jajaran pangurus harian PC GP Ansor Kota Mojokerto yaitu H. M. Ibrahim Hamdani, S.Psi., selaku Sekretaris dan M. Fachur Rochman, selaku Wakil Sekretaris serta dari unsur LBH Ansor Kota Mojokerto yaitu Jaka Prima, S.H., M.H., M.Pd., selaku Sekretaris.

Audiensi ini langsung dipimpin oleh Ketua LBH Ansor Kota Mojokerto yaitu Lukman Sugiharto Wijaya, S.H., S.Si., M.Si., Ph.D., bersama pengurus harian ini untuk menemui Bapak Mohammad Ali Kuncoro, S.STP., M.Si., selaku Penjabat Walikota Mojokerto yang didampingi oleh Agus Triyatno, S.STP., selaku Kabag Hukum Pemkot Mojokerto.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES