Peristiwa Daerah

Bencana Terus Menerjang, Pemkab Probolinggo Kucurkan Bantuan Logistik

Sabtu, 23 Maret 2024 - 16:59 | 13.78k
Pj Bupati Probolinggo saat memberikan bantuan pada salah satu korban terdampak banjir. (Foto: Kominfo for TIMES Indonesia)
Pj Bupati Probolinggo saat memberikan bantuan pada salah satu korban terdampak banjir. (Foto: Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo terus mendistribusikan bantuan logistik kepada warga yang terdampak bencana cuaca ekstrem, seiring dengan terjadinya bencana alam yang terus melanda warga setempat.

Salah satunya adalah bantuan yang diberikan kepada seorang warga terdampak bencana alam di Desa Brumbungan Lor, Kecamatan Gending, Kamis (21/3/2024). Bantuan itu diberikan kepada Sahid, yang rumahnya roboh akibat hujan deras pada Rabu (20/3/2024).

Sahid menerima bantuan berupa satu lembar terpal, dua paket makanan siap saji, satu kotak peralatan kebersihan, dan satu lembar selimut. Bantuan itu diberikan setelah pihak BPBD melakukan penilaian terhadap kerugian yang dialami oleh korban.

Dalam proses penyaluran bantuan ini, BPBD Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) dan Agen Penanggulangan Bencana Jawa Timur, serta dibantu oleh perangkat desa setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Oemar Sjarief menyampaikan, penyerahan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah terhadap warga yang menjadi korban bencana.

Ini membuktikan jika pemerintah hadir di saat masyarakat sedang membutuhkan.

Oemar Sjarief juga mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan antisipasi dan kewaspadaan terhadap potensi bencana akibat cuaca ekstrem.

Jika terjadi dampak bencana, khususnya di wilayah Kabupaten Probolinggo, masyarakat dapat melaporkan kejadian bencana kepada Pusdalops BPBD Kabupaten Probolinggo.

"Terpenting, ketika hendak terjadi bencana, yang diutamakan adalah keselamatan diri dan keluarga. Sebab keselamatan adalah yang utama. Serta laporkan kejadian tersebut pada pemerintah," ungkapnya.

Selain itu, BPBD juga telah mendistribusikan sejumlah bantuan logistik kepada para korban terdampak di lokasi yang berbeda, termasuk banjir di Kecamatan Dringu yang merusak banyak rumah warga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ryan Haryanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES