Peristiwa Daerah

Gara-Gara DBD, Bawaslu Kota Batu Musnahkan APK Lebih Awal

Sabtu, 30 Maret 2024 - 14:48 | 15.95k
Bawaslu Kota Batu memusnahkan ribuan APK setelah disurati Dinas Kesehatan karena barang bukti ini menjadi sarang nyamuk. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Bawaslu Kota Batu memusnahkan ribuan APK setelah disurati Dinas Kesehatan karena barang bukti ini menjadi sarang nyamuk. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Gara-gara Demam Berdarah Dengue (DBD), hari ini (30/3/2024), Bawaslu Kota Batu memusnahkan barang bukti Alat Peraga Kampanye (APK) lebih awal. Pasalnya, Dinas Kesehatan Kota Batu menengarai barang bukti APK yang disimpan di bawah Kantor Bawaslu menjadi sarang nyamuk.

Ketua Bawaslu Kota Batu Supriyanto menjelaskan bahwa pihaknya mendapatkan surat dari Dinas Kesehatan untuk segera memusnahkan barang bukti APK ini karena wabah penyakit DBD.

Karena bersifat darurat dan Kota Batu tidak termasuk wilayah yang disengketakan dalam Pemilu Tahun 2024, akhirnya diputuskan Bawaslu memusnahkan barang bukti APK ini lebih awal.

"Kita sudah bersurat ke partai politik mungkin ada yang berniat memanfaatkan material APK ini, karena kayunya masih bisa digunakan, siapa tahu akan digunakan dalam Pilkada yang akan dilaksanakan tahun ini," kata Suprianto.

Ternyata tidak ada respons dari partai politik, hingga Bawaslu memutuskan melakukan pemusnahan. Menurut Supri, ada peraturan yang menyebutkan bahwa apabila dalam kurun waktu tersebut, bukti penanganan pelanggaran belum diambil, maka Bawaslu Kota Batu akan menindaklanjuti sesuai mekanisme penanganan pelanggaran berdasarkan ketentuan peraturan yang berlaku.

"Saya perintahkan Unit Pengelola Barang Dugaan Pelanggaran Bawaslu untuk memusnahkannya," ujar Supri.

Di tempat terpisah, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Kota Batu, Mardiono menjelaskan bahwa proses pemusnahan sudah dilakukan sejak tanggal 26 Maret 2024 lalu.

"Selain meminta parpol untuk mengambil barang bukti di kantor, kita juga memberikan waktu kepada masyarakat untuk memanfaatkan. Tapi karena jumlahnya begitu besar, hari ini sisanya kita musnahkan dengan cara dibakar di TPA Tlekung," ujar Mardiono.

Mardiono menjelaskan barang bukti APK yang dimusnahkan adalah barang bukti APK periode register I pada Tahapan Kampanye Pemilu 2024, sejumlah  307 temuan ditambah 580 temuan pada periode register II.

Sisanya, Bawaslu Kota Batu mencatat barang bukti kampanye Pemilu tahun 2024 sejumlah 291 temuan dan barang bukti hasil penanganan pelanggaran pada Masa Tenang Pemilu 2024 sebanyak 1.256 temuan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES