Peristiwa Daerah

Jelang Idul Adha, Diperta dan MUI Probolinggo Awasi Produk Pangan Asal Hewan

Sabtu, 27 April 2024 - 09:31 | 30.80k
Diperta Kabupaten Probolinggo dan MUI saat rapat koordinasi. (Foto Kominfo for TIMES Indonesia)
Diperta Kabupaten Probolinggo dan MUI saat rapat koordinasi. (Foto Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGODiperta Kabupaten Probolinggo dan MUI Kabupaten Probolinggo telah berkoordinasi dalam mengawasi produk pangan asal hewan di pasar tradisional menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah pada Rabu (24/4/2024) kemarin.

Koordinasi ini melibatkan Sekretaris Umum MUI Kabupaten Probolinggo, Taufik, bersama pengurus MUI Kabupaten Probolinggo, serta Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Diperta Kabupaten Probolinggo, yakni drh Nikolas Nuryulianto, dr Machrus, dan drh Novita.

Dalam kegiatan ini, Plt Kepala Diperta Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi, melalui Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner drh Nikolas Nuryulianto menjelaskan, koordinasi dengan MUI Kabupaten Probolinggo dilakukan untuk memastikan pengawasan produk pangan asal hewan di pasar tradisional terus berlanjut.

"Tahun ini kami bekerja sama dengan MUI Kabupaten Probolinggo untuk melaksanakan pengawasan dan pendataan pada saat menjelang maupun pada hari H-nya," ujar Niko.

Diperta juga akan melibatkan dokter hewan dan petugas teknis di seluruh kecamatan dan desa untuk pengawasan pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 2024.

Selama Hari Raya Idul Adha, Rumah Potong Hewan (RPH) di Kabupaten Probolinggo akan menyediakan pemotongan gratis untuk kurban, bukan untuk diperjualbelikan.

"Meskipun penyakit PMK dan LSD masih ada, walaupun tidak banyak. Tapi, pelaksanaan vaksinasi tetap harus dilakukan secara kontinu sesuai anjuran pemerintah," tambah Niko.

Menurutnya, diperlukan kerja sama dengan MUI agar para pelaku usaha di Kabupaten Probolinggo memfasilitasi vaksinasi ternak.

Diperta juga akan memberikan surat resmi kepada MUI, takmir masjid, kecamatan, dan desa terkait pengawasan dan pendataan pemotongan hewan.

"Pengajuan ini bisa dilakukan melalui WhatsApp (WA) langsung kepada petugas, sehingga bisa diterbitkan surat izin tempat pemotongan hewan sementara," jelasnya..

Sementara itu, Sekretaris Umum MUI Kabupaten Probolinggo, Taufik, berharap kegiatan ini akan berlanjut ke depannya.

Ia juga menekankan pentingnya kehalalan produk pangan asal hewan dan mendukung kegiatan pengawasan Diperta serta persiapan menjelang Idul Adha.

"MUI selalu mendukung kegiatan dinas terkait dengan pengawasan produk pangan asal hewan maupun persiapan menjelang Idul Adha 1445 Hijriyah," tegas Taufik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ryan Haryanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES