Peristiwa Daerah

Keren! Vifa Maura, Perempuan Asal Jombang Terpilih Sebagai Duta Puteri Kartini Jawa Timur

Selasa, 30 April 2024 - 17:41 | 26.97k
Vifa Maura Alya Zahra perempuan asal Desa Mentoro, Sumobito, Jombang berhasil menjadi Duta Puteri Kartini Jawa Timur. (FOTO: Vifa Maura for TIMES Indonesia)
Vifa Maura Alya Zahra perempuan asal Desa Mentoro, Sumobito, Jombang berhasil menjadi Duta Puteri Kartini Jawa Timur. (FOTO: Vifa Maura for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Semangat Kartini yang merupakan simbol perjuangan untuk kesetaraan gender dan pendidikan, terus menginspirasi generasi muda untuk berkontribusi dalam memajukan masyarakat. Dalam momentum yang bersejarah ini, Vifa Maura Alya Zahra, seorang perempuan berbakat asal Jl. Kik Ronopati, Mentoro, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, telah terpilih sebagai Duta Puteri Kartini Jawa Timur pada Grand Final di Universitas Brawijaya Televisi, Minggu (21/4/2024) lalu.

Perempuan kelahiran 7 Maret 2004 silam tersebut terpilih menjadi Duta Puteri Kartini Jawa Timur dalam katagori Best Video Introduction. Kini, tugas mulia harus diemban oleh Vifa Maura untuk menjadi perwakilan yang mengemban misi mulia untuk menginspirasi perempuan dan pemuda di seluruh Jawa Timur.

Duta-Puteri-Kartini-2.jpgVifa Maura bersama kedua orang tuanya pada penghargaan Duta Puteri Kartini Jawa Timur di Universitas Brawijaya Televisi, Minggu (21/4/2024) lalu. (FOTO: Vifa Maura for TIMES Indonesia)

Dengan semangat dan dedikasi dalam memperjuangkan nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Raden Ajeng Kartini, Vifa Maura berhasil menarik perhatian para juri melalui berbagai aktivitas sosial dan pencapaian di bidang pendidikan. 

“Saya mengikuti ajang Pemilihan Puteri Kartini Jawa Timur 2024, dengan tujuan utama yaitu mencari pengalaman dan menambah relasi serta bermanfaat bagi masyatakat khususnya kaum perempuan, karena saya melihat kemampuan yang saya miliki sejalan dengan visi misi ajang tersebut. seperti sosok R.A Kartini yang mengedepankan emansipasi wanita,” kata Vifa Maura kepada TIMES Indonesia, Selasa (30/4/2024).

Duta-Puteri-Kartini.jpgVifa Maura saat menerima penghargaan dalam katagori Best Video Introduction pada Duta Puteri Kartini Jawa Timur di Universitas Brawijaya Televisi, Minggu (21/4/2024) lalu. (FOTO: Vifa Maura for TIMES Indonesia)

Menurutnya, sebagai Duta Puteri Kartini Jawa Timur, ia akan menjadi duta yang mewakili semangat Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan memberikan inspirasi kepada generasi muda. Salah satunya memperjuangkan hak-hak perempuan.  Dimana di era modern masih banyak perbedaan hak atas gender antara pria dan wanita. 

“Maka dengan mengikuti ajang ini saya ingin menjadi manusia yang bermanfaat dan menginspirasi bagi masyarakat dengan menyuarakan hak-hak para perempuan khususnya. bahwasannya wanita itu harus bisa berdikari dan mereka juga pantas untuk menjadi pemimpin,” tegasnya.

Mahasiswi Universitas Brawijaya Malang ini juga menyampaikan rasa terima kasih dan rasa bangganya atas kepercayaan yang diberikan padanya menjadi Duta Puteri Kartini Jawa Timur.

“Saya sangat bersyukur dan bangga bisa menjadi bagian dari gerakan Kartini yang menginspirasi. Sebagai Duta Kartini Jawa Timur, saya berkomitmen untuk terus memperjuangkan hak-hak perempuan dan memberikan contoh yang baik bagi generasi muda," paparnya dengan penuh semangat.

Peran sebagai Duta Puteri Kartini Jawa Timur memberikan kesempatan bagi Vifa Maura untuk memberikan dampak positif dalam masyarakat, terutama dalam hal pemberdayaan perempuan dan pemuda. Melalui berbagai kegiatan dan program, ia akan berupaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesetaraan gender, akses pendidikan, dan pengembangan potensi diri bagi perempuan di Jawa Timur. Semangat dan dedikasi yang ditunjukkan olehnya merupakan cermin dari semangat R.A Kartini yang terus hidup dan berkembang di tengah masyarakat Indonesia modern. 

“Saya yakin! saya bisa untuk terjun ke dunia peagent (duta) dengan semangat saya dan kerja keras saya berani keluar dari zona nyaman serta mencoba hal baru. Alhamdulillah ternyata dengan kerja keas dan keyakinan juga berkat doa orang tua dan dukungan orang sekitar. Saya bisa mewakili Jombang untuk menjadi Duta Puteri Kartini Jawa Timur dengan mendapat penghargaan best video introduction,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES