Peristiwa Daerah

Perayaan Hari Buruh, SPSI Jombang Ajak Pekerja di Jombang Fun Walk May Day

Rabu, 01 Mei 2024 - 14:56 | 15.43k
Sugiat Pj Bupati Jombang saat memberangkatkan para buruh, pekerja di kegiatan Fun Walk May Day sebagai perayaan Hari Buruh Internasional (May Day) di Alun-Alun Jombang. Rabu (1/5/2024). (FOTO: dok. humas Pemkab Jombang for TIMES Indonesia)
Sugiat Pj Bupati Jombang saat memberangkatkan para buruh, pekerja di kegiatan Fun Walk May Day sebagai perayaan Hari Buruh Internasional (May Day) di Alun-Alun Jombang. Rabu (1/5/2024). (FOTO: dok. humas Pemkab Jombang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Pemkab Jombang berkolaborasi bersama Serikat Pekerja Seluruh Indonesia atau SPSI Kabupaten Jombang menggelar Fun Walk May Day dan Gerakan Pangan Murah sebagai perayaan Hari Buruh Internasional (May Day) di Alun-Alun Jombang. Rabu (1/5/2024).

Para buruh, pekerja berbondong-bondong memadati Alun-Alun Jombang melakukan registrasi peserta Fun Walk May Day mulai pukul 05.00 WIB. Kegiatan Fun Walk diikuti 4000 peserta, yang terdiri dari SPSI, tenaga kerja dan buruh. Selain itu, warga dihibur dengan atraksi dari Grup Barongsai Lii Ong Xhi dan dilanjutkan pemberangkatan Fun Walk dengan ditandai bendera start oleh Pj Bupati Jombang, Sugiat.

Diiketahui agenda rute fun walk dimulai dari depan Pendopo Kabupaten Jombang melintasi Jl. Bupati RAA Soeradiningrat, Jl. KH Wakhid Hasyim, Jl. Juanda, Jl Kusuma Bangsa, Simpang 4 SMA Negeri 2 Jombang, Jl. Bupati R Soedirman, Jl. Gubernur Suryo, Jl. KH Ahmad Dahlan, dan kembali finish di alun-alun Kabupaten Jombang.

"Terima kasih, karena telah mengisi Peringatan Hari Buruh Internasional (Mayday) dengan kegiatan positif, kegiatan yang dapat mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian," ungkap Pj Bupati Jombang, Sugiat kepada TIMES Indonesia, Rabu (1/5/2024).

Sugiat berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh. Pemkab Jombang terus berupaya untuk menciptakan iklim kondusif bagi dunia usaha dan ketenagakerjaan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh.

Pemkab Jombang juga tak tinggal diam akan berupaya untuk menciptakan iklim kondusif bagi dunia usaha dan ketenagakerjaan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh. Selanjutnya juga mendorong para pengusaha untuk selalu memperhatikan hak-hak pekerja/buruh, seperti upah layak, jam kerja yang wajar dan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja. Pemkab Jombang juga telah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tiga perusahaan di Jombang yang memiliki kontribusi positif.

"Oleh karena itu, jalan sehat ini diharapkan dapat membuat kita bugar dan berdampak baik pada kinerja. Dengan meningkatnya kinerja buruh, produktifitas perusahaan dipastikan akan ikut meningkat. Jika produktifitas naik, maka industri pun tak segan untuk meningkatkan kesejahteraan buruh," ujarnya.

Adapun PT yang mendapat penghargaan diantaranya PT Pei Hai International Wiratama sebagai perusahaan yang memperkerjakan pegawai disabilitas terbanyak. PT Wahyu Daya Mulia sebagai perusahaan zero conflict tahun 2023. Dan PT Aksha Karunia Mill sebagai perusahaan dengan serapan tenaga kerja lokal terbanyak.

Sugiat juga membakar semangat SPSI dan seluruh peserta Fun Walk agar giat bekerja, giat berusaha, giat berkarya untuk Jombang yang produktif, kondusif dan sejahtera. Tidak hanya itu, Sugiat juga mengutip salah satu pidato Bung Karno.

"Orang hidup harus makan, yang dimakan hasil kerja. Jika tidak bekerja tidak makan, jika tidak makan pasti akan mati. Inilah undang-undangnya dunia, inilah undang-undangnya hidup, mau tidak mau semua makhluk harus menerima undang-undang ini. Terimalah undang-undang itu dengan jiwa yang besar dan merdeka, jiwa yang tidak menengadah melainkan kepada Tuhan," tuturnya

Selain jalan sehat, rangkaian kegiatan Peringatan Hari Buruh 1 Mei 2024 di Jombang ditutup dengan penyerahan santunan, bazar sembako murah, makan gratis untuk semua peserta, membuka layanan donor darah, SIM & Samsat Keliling, hingga undian hadiah Fun Walk yaitu 200 hadiah yang terdiri dari hadiah utama satu unit motor, beberapa unit sepeda, lemari es, TV, blender dan lain sebagainya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES