Peristiwa Daerah

Kolaborasi Lintas Sektor, Halal Center INISNU Temanggung Fasilitasi Penerbitan Sertifikasi 

Jumat, 10 Mei 2024 - 21:36 | 26.13k
Penyerahan sertifikat halal oleh Halal Center INISNU Temanggung. (FOTO: Hermanto/TIMES Indonesia)
Penyerahan sertifikat halal oleh Halal Center INISNU Temanggung. (FOTO: Hermanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEMANGGUNG – Halal Center INISNU beri pendampingan ke para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kebumen. Kegiatan tersebut merupakan bukti nyata bahwa, Halal Center INISNU Temanggung berkomitmen untuk terus mensukseskan program Kemanterian Agama RI.

Diketahui bahwa, Kementerian Agama RI memberikan kuota sebanyak 1 juta kuota sertifikasi gratis untuk UMKM.

"Kuota sertifikasi gratis untuk UMKM itu dinamakan dengan SEHATI yaitu, Sertifikat Halal Gratis," jelas Iqbal yang bertugas menjadi fasilitator Halal Center.

sertifikat-halal.jpgPara penerima sertifikat halal berfoto bersama sesaat setelah menerima sertifikat halal. (FOTO: Hermanto/TIMES Indonesia)

Sebanyak 373 sertifikat diserahkan oleh Halal Center INISNU Temanggung, kepada pelaku usaha di sekitar Pantai Mliwis dan Pantai Happy, yang penyerahannya dilaksanakan di Pantai Mliwis, Kebumen, pada Jumat, 10 Mei 24.

Abdul Wahab Fahrub, selaku ketua lembaga menghimbau kepada pelaku usaha untuk mengajak koleganya agar segera mendaftarkan produk usahanya.

Hal tersebut juga merupakan himbauan dari WHO, mengingat program sertifikasi gratis akan segera selesai pada bulan Oktober tahun ini.

Dalam acara tersebut, Wahab yang terlihat didampingi oleh Muchammad Iqbal Chailani, selaku bendahara dan Muh. Syaiful Bakhri, sebagai sekretaris Halal Center INISNU, menghimbau kepada pelaku usaha untuk tetap menjaga konsistensi kehalalan produknya. Tetap halal pengolahan dan halal bahan produksinya. 

Sementara itu, Kepala Desa Kenoyojayan, Martono, menyampaikan bahwa, para pelaku UMKM terlihat senang mengikuti acara itu. Meski beberapa waktu lalu Daerahnya juga terkena dampak Covid-19.

"Alhamdulillah dengan kegiatan ini, menambah spirit bagi warga sekitar untuk berinovasi dalam menciptakan peluang kerja baik produk makanan ringan maupun olahan lainya sehingga akan mengangkat pendapat pencaharian mereka," ungkapnya.

Para peserta dalam acara tersebut terlihat sangat antusias. Mereka sejak awal hingga akhir, dalam sesi tanya-jawab terus melontarkan pertanyaan terkait program sertifikat halal gratis itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES