Peristiwa Daerah

JHI Kota Batu Mayoritas Belum Pernah ke Tanah Suci

Senin, 13 Mei 2024 - 20:54 | 14.36k
JHI Kota Batu diberangkatkan dari Masjid Sultan Agung sore ini. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
JHI Kota Batu diberangkatkan dari Masjid Sultan Agung sore ini. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Jemaah Haji Indonesia (JHI) Kota Batu mayoritas belum pernah ke tanah suci dan rata-rata sudah berusia lanjut. Karena itulah Kemenag berharap JHI Kota Batu meningkatkan kepedulian terhadap Jemaah yang lain.

Hal ini diungkapkan oleh PLH Kemenag Kota Batu yang juga Kasi Urusan Haji Kemenag Kota Batu, Rahmatullah saat memberangkatkan JHI Kota Batu, hari ini, Senin (13/5/2024).

Rahmatullah juga berpesan agar JHI Kota Batu meluruskan niat, fokus pada ibadah haji. "Jangan ada niat lain, Panjenengan semua menunggu 12 tahun untuk bisa berangkat haji seperti saat ini. Porsi haji sangat langkah saat ini, bayar sekarang berangkat haji baru 35 tahun lagi berangkat," ujar Rahmatullah kepada para JHI.

Rahmatullah mengatakan bahwa saat ini cuaca di tanah suci mencapai 40 hingga 50 derajat, karena itu ia berpesan agar JHI Kota Batu menjaga asupan gizi, suplemen dan jangan terlalu banyak diluar ruangan. " Jangan sungkan minta tolong ke petugas yang melayani panjenengan," begitu pesan Rahmatullah.

Jemaah-Haji-Kota-Batu.jpg

Pemberangkatan Haji dilaksanakan di Masjid Sultan Agung, jumlah JHI Kota Batu yang diberangkatkan sebanyak 207 jemaah haji. Diantara Jemaah Haji ada Eakil Ketua DPRD Kota Batu, Heli Suyanto dan Ketua MUI Kota Batu, Abdullah Thohir.

Jemaah haji tertua Muhamad warga Desa Pendem, usia 88 tahun, dan CJH termuda Ahmad Bahrul Adiansyah warga desa Sumberbrantas yang berusia 22 tahun.

Kota Batu masuk Kloter 14, satu kloter dengan JHI Surabaya dan Tuban. Para JHI Kota Batu ini didampingi  dua Pendamping Haji Daerah (PHD) dari Pemerintah Kota Batu dan Kanwil Kemenag serta 3 orang tenaga medis.

"JHI Kota Batu diberangkatkan habis Maghrib hari ini dan diperkirakan sampai Asrama Haji pada pukul 21.00 WIB dan baru diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya besok Selasa (14/5/2024) pukul 23.30 WIB," terangnya.

Sebelumnya Pemerintah Kota Batu menggelar kegiatan Pelepasan Calon Jamaah Haji 1445 H/2024 M, di Graha Pancasila, Balaikota Among Tani, Jumat, (8/5/2024).

Jemaah-Haji-Kota-Batu-a.jpg

"Dengan niat yang suci, semoga segala yang dikerjakan diberikan kelancaran, dan pulang kembali menjadi haji yang mabrur," kata Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.

Pj. Wali Kota Batu, meminta kepada semua jamaah calon haji benar-benar menjalankan semua proses ibadah haji mulai dari keberangkatan hingga kembalinya dapat menjaga nama baik Kota Batu.

Ia juga menitipkan doa kepada para JHI Kota Batu agar Kota Batu aman, nyaman dan penduduknya sejahtera terlebih tahun ini adalah tahun politik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES