Peristiwa Daerah Info Haji 2024

Haji 2024, Kemenag Pacitan Pastikan Tak Ada Pemberangkatan Susulan

Selasa, 14 Mei 2024 - 09:26 | 14.21k
Suasana pemberangkatan jemaah calon haji Kabupaten Pacitan. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Suasana pemberangkatan jemaah calon haji Kabupaten Pacitan. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, PACITAN – Tidak seperti tahun sebelumnya, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan (Kemenag Pacitan) memastikan Haji 2024 ini tidak ada pemberangkatan susulan.

Para jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Pacitan tergabung dalam kloter 15 bersama 60 JCH dari Kota Surabaya beserta 5 petugas.

Menurut Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pacitan, Mutongin, Kloter 15 merupakan kloter pertama dan satu-satunya.

"Tahun ini Kabupaten Pacitan hanya memberangkatkan JCH satu kali pada tanggal 13 Mei 2024. Tidak ada pemberangkatan susulan," katanya Senin (13/5/2024) malam.

Usai upacara di Pendopo Kabupaten Pacitan, 306 JCH diberangkatkan menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya menggunakan 7 bus yang dikawal ketat oleh petugas kepolisian.

Mutongin mengatakan, hasil pemeriksaan kesehatan JCH keseluruhan dalam kondisi sehat. Secara rinci, 306 JCH tersebut, 136 orang di antaranya berjenis kelamin laki-laki. 170 orang lainnya perempuan.

"Selasa (14/5/24) pagi, para JCH sudah harus masuk Asrama Haji. Selanjutnya, pada Rabu (15/5/24) dini hari, pukul 05.30 WIB, mereka akan diterbangkan dari Bandara Juanda Surabaya ke Arab Saudi," jelas Mutongin.

Lebih lanjut Mutongin mewanti-wanti seluruh JCH untuk mematuhi semua ketentuan yang telah ditetapkan. "Jemaah harus mematuhi segala ketentuan yang telah ditetapkan," pintanya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Indrata Nur Bayuaji meminta kepada para JCH Kabupaten Pacitan agar selalu menjaga kesehatan, tetap sabar serta jaga kekompakan. "Semoga perjalanan haji Bapak Ibu semua dimudahkan Allah SWT dan menjadi haji yang mabrur," tuturnya. 

Tak hanya itu, Bupati Indrata Nur Bayuaji juga berpesan kepada para JCH untuk menjadi duta bangsa yang baik di Tanah Suci dan menjaga nama baik Kabupaten Pacitan.

"Saya berpesan kepada seluruh JCH untuk menjadi duta bangsa yang baik di Tanah Suci dan menjaga nama baik Kabupaten Pacitan," pesannya kepada para calon tamu Allah di haji 2024 kali ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES