Peristiwa Daerah

Jasa Marga dan Kepolisian Gelar Operasi Kendaraan Over Load

Selasa, 14 Mei 2024 - 13:33 | 12.28k
Jasa Marga dan Kepolisian melakukan operasi Over Load. (FOTO: dok Jasa Marga)
Jasa Marga dan Kepolisian melakukan operasi Over Load. (FOTO: dok Jasa Marga)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) sebagai pengelola Jalan Tol Cipularang bersama pihak Kepolisian, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Jasa Raharja, Garnisun Kota Bandung dan PT Jasamarga Tollroad Operation (JMTO) selaku service provider operasional jalan tol melaksanakan operasi kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL) pada tanghal 14 hingga 16 Mei 2024.

Target operasi ODOL ini berfokus pada kendaraan yang melebihi kapasitas dimensi dan berat. Untuk kendaraan yang melanggar ketentuan tersebut akan diberikan penindakan berupa tilang oleh pihak Kepolisian. Kegiatan operasi ODOL ini dilaksanakan di KM 120 ruas tol Cipularang arah Jakarta.

Senior Manager Representative Office 3 (JMT) Agni Mayvinna menyampaikan, tujuan dilakukannya operasi penertiban kendaraan ODOL ini sebagai langkah pencegahan karena kendaraan ODOL berpotensi menimbulkan kecelakaan dan fatalitas di jalan tol.

Hal ini, kata dia, terbukti dari minimnya angka kecelakaan selama periode pelayanan arus mudik dan arus balik Idulfitri 1445 H kemarin yang bertepatan dengan terbitnya aturan pembatasan kendaraan besar. 

"Setelah periode arus mudik dan balik dan sudah tidak ada pembatasan  kendaraan besar, mulai terjadi lagi kecelakaan seperti truk terguling dan yang lainnya, kami berharap dengan adanya operasi ini dapat menekan tingkat dan fatalitas kecelakaan di jalan tol," katanya dalam keterangan resminya, Selasa (14/5/2024).

Jasa Marga bersama dengan pihak terkait seperti Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) dan Balai Pengendali Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan, melaksanakan operasi ini untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jalan, serta mempertimbangkan kelancaran lalu lintas di jalan tol. 

"Jasamarga Metropolitan Tollroad dan PT Jasamarga Tollroad Operation memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat kegiatan tersebut," jelasnya.

"Diimbau kepada pengguna jalan agar mengatur waktu perjalanan, perbaharui informasi jalan tol Jasa Marga Group melalui one call center Jasa Marga 24 jam di 14080, media sosial Jasamarga Metropolitan Tollroad, dan Aplikasi TRAVOY," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES