Peristiwa Daerah

Doa Bersama, Camat dan Petani di Arjasa Berharap Panen Kopi Capai 74 Ton

Kamis, 16 Mei 2024 - 07:56 | 12.10k
Camat Arjasa membuka penggilingan dan pengeringan biji kopi di Arjasa. (FOTO; M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)
Camat Arjasa membuka penggilingan dan pengeringan biji kopi di Arjasa. (FOTO; M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Camat Arjasa A. Fauzi menggelar doa bersama menjelang masuk panen kopi perkebunan renteng Banjarsari Rayap, Kemuning Lor, Rabu (15/5/2024).

Fauzi mengatakan bahwa panen tahun ini diharapkan sukses dan mencapai target panen sebanyak lebih dari 70 ton.

Acara doa bersama tersebut sekaligus membuka penggilingan dan pengeringan biji kopi di pabrik penggilingan kopi setempat.

"Jadi, ini dilakukan sebagai doa bersama memohon Tuhan Yang Maha Esa, akan dilaksanakan kegiatan petik kopi tahun 2024 sekaligus proses penggilingan dan pengeringan kopi di tahun ini," ujar Fauzi.

Fauzi menyebutkan di tahun 2024 ini target panen kopi lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

"Targetnya cukup tinggi tahun ini, dari luasan lahan 189 hektare, ditargetkan 74 ton kopi kering di tahun ini. Maka dari itu, untuk menyukseskan acara itu semua, tadi gelar hajatan dengan nama selametan petik dan buka giling kopi tahun 2024," jelas Fauzi.

"Beberapa tahun ini tidak memenuhi target, hanya bisa mencapai 55 sampai 60 ton. Jadi sekarang ini diharapkan dengan cuaca yang baik dan bersahabat. Ditargetkan 74 ton tahun 2024 di musim panen," tambah fauzi.

Oleh karena itu, Fauzi mengatakan untuk menyukseskan dan mencapai target yang diharapkan, para petani juga melakukan perawatan maksimal terhadap pohon kopinya.

Di antara caranya yakni dengan memberikan pupuk yang cukup dan melakukan perbaikan pada mesin penggilingan serta pengeringnya.

"Dengan target yang cukup tinggi, selain upaya dari teknis, baik dari perawatan kopinya yang dilaksanakan secara simpoltan. Kemudian proses petik dan gilingnya ada perbaikan. Termasuk perawatan terkait mesinnya. Juga kami mohon kelancaran dan mohon barokah dari Yang Maha Kuasa agar prosesnya dilancarkan dan target terpenuhi," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES