Peristiwa Daerah Info Haji 2024

Jemaah Haji Kota Kediri Diingatkan untuk Jaga Kondisi Fisik

Selasa, 28 Mei 2024 - 00:32 | 17.91k
Sejumlah jemaah haji Kota Kediri saat mengikuti silahturahmi pelepasan haji (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)
Sejumlah jemaah haji Kota Kediri saat mengikuti silahturahmi pelepasan haji (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Sebanyak 304 jemaah haji Kota Kediri tahun ini akan berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Mengingat ibadah haji merupakan ibadah fisik karena hampir 90 persen pelaksanaan ibadah haji dilakukan secara fisik, para jemaah haji Kota Kediri diingatkan untuk selalu menjaga kondisi fisik. 

Jemaah haji Kota Kediri tahun ini terdiri dari 134 pria dan 170 perempuan dengan variasi usia yang beragam mulai dari usia 18 tahun hingga 85 tahun. Mereka tergabung di kloter 76 bersama jemaah lain dari Kabupaten Kediri dan Kabupaten Sidoarjo.

"Jaga kesehatan, jaga stamina. Kemudian jemaah selalu dalam rombongan ketika melakukan aktivitas, tidak sendiri-sendiri," tutur Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Pemerintah Kota Kediri Ferry Djatmiko di sela pelepasan jemaah haji Kota Kediri, Senin (27/05/2024). 

Jika diperlukan para jemaah diimbau untuk membawa obat-obatan dari rumah daripada harus membeli. Terutama obat-obatan yang biasa digunakan oleh jemaah. “Terutama vitamin itu penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Jika fisik sehat maka ibadah juga makin khusyu,” tambahnya. 

Para jemaah haji Kota Kediri sendiri nantinya akan dikawal oleh tim kesehatan, yang terdiri dari 1 dokter dan 2 perawat. 

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kediri Moh Qoyyim menambahkan, petugas kesehatan sudah diingatkan bahwa cuaca di tanah suci saat ini bisa mencapai 40 derajat celcius. Karena itu jemaah diminta untuk tidak terlalu sering keluar hotel dan menjaga diri untuk terhindar dari dehidrasi. 

"Jadi panasnya luar biasa. Upayakan saat keluar bawa semprotan air, untuk wajah dan telinga agar tidak kepanasan. Itu sudah kita ingatkan baik petugas kesehatan dan jemaah," tambahnya. 

Sementara itu, untuk jemaah haji cadangan dari Kota Kediri baru akan berangkat setelah jemaah haji reguler berangkat pada tanggal 31 Mei. "Hanya ada dua yang nanti akan berangkat bersama dengan kloter lain," jelasnya.

Para jemaah haji kota Kediri sendiri sebelumnya telah melaksanakan manasik haji yang dimulai sejak tanggal 25 April lalu. Total ada 8 pertemuan manasik haji yang telah diikuti oleh para calon jamaah mulai tanggal 25 April hingga tanggal 16 Mei lalu.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES