Peristiwa Daerah Info Haji 2024

Nuansa Haru Warnai Pemberangkatan Jemaah Calon Haji Kabupaten Kediri

Jumat, 31 Mei 2024 - 21:32 | 15.79k
Jemaah Calon Haji Kabupaten Kediri dan keluarga sesaat sebelum berangkat (Foto: Yobby/Times Indonesia)
Jemaah Calon Haji Kabupaten Kediri dan keluarga sesaat sebelum berangkat (Foto: Yobby/Times Indonesia)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Suasana penuh keharuan terlihat saat keluarga melepas para  Jemaah Calon Haji Kabupaten Kediri untuk berangkat ke tanah suci,  Jumat (31/05/2024).  

Sekitar 1130 Jemaah Calon Haji Kabupaten Kediri yang tergabung dalam kloter 73, 74, 75 dan 76 berangkat pada tiga waktu yang berbeda. Yakni Jumat dini hari, sebelum subuh dan sesudah shalat Jumat. 

Masih seperti tahun sebelumnya, pemberangkatan Jemaah Calon Haji Kabupaten Kediri dipusatkan di halaman kantor Pemkab Kediri. Dari tempat tersebut, para jemaah akan menuju Embarkasi haji Surabaya, sebelum akhirnya bertolak ke tanah suci. 

Anggota keluarga yang hanya bisa mengantar sampai pintu masuk kantor Pemkab Kediri, memanfaatkan kesempatan sebelum jemaah masuk untuk saling berpelukan dan mendoakan. Tidak jarang anggota keluarga menitikkan air mata, saat harus melepas orang tua, kakek dan nenek mereka berangkat.

Beberapa pengantar juga, memilih tetap berada di depan kantor Pemkab Kediri untuk bisa menyaksikan bus-bus yang membawa Jemaah Calon Haji meninggalkan tempat tersebut. 

Total ada 28 bus yang digunakan oleh Jemaah Calon Haji Kabupaten Kediri. "Sangat bersyukur ibu bisa diberikan sehat, lahir batin dan menunaikan ibadah haji. Ibu hanya berpesan untuk saling rukun antar saudara," ungkap salah satu pengantar bernama Winarsih. 

Rombongan Jemaah Calon Haji Kabupaten Kediri diberangkatkan langsung oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. Sebelum melakukan pemberangkatan, Mas Dhito - sapaan akrab Bupati Kediri - sempat menyapa para jemaah dengan masuk dalam bus yang akan membawa para jemaah. 

Di dalam bus, Mas Dhito mendoakan agar ibadah yang dilakukan ke tanah suci ini bisa kembali pulang dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur. Di samping itu, pihaknya juga menitipkan doa agar Kabupaten Kediri bisa lebih maju. 

“Semoga para jemaah, kloter 73 dan 74 berangkat dengan selamat dan pulang dengan selamat dan mabrur semuanya dalam ibadah hajinya,” terang Mas Dhito. 

Bupati yang gemar bervespa tersebut juga mengungkapkan, dari ribuan Jemaah Calon Haji tersebut lebih dari lima belas ASN turut berangkat menunaikan ibadah yang merupakan rukun islam terakhir tersebut. Termasuk Sekda Mohamad Solikin, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sumarlan, dan Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Wirawan.

Diketahui, dari kurang lebih 1130 Jemaah Calon Haji dari Kabupaten Kediri mayoritas adalah lansia. Dimana 60 persen diantaranya rentan terhadap penyakit utamanya hipertensi.  

Untuk menjaga kesehatan para jemaah, telah ditempatkan 1 dokter dan dua perawat di masing-masing kloter. Harapannya, kondisi fisik dan mental para jamaah selama melakukan ibadah haji bisa terus dimonitor. 

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, dr. Bambang Triyono Putro menambahkan petugas kesehatan ini nantinya akan terus mengawal para Jemaah Calon Haji. “Kalau bergeser ke Arafah ya ikut ke Arafah, kalau ke Muzdalifah ya ikut ke Muzdalifah,” terangnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES