Peristiwa Daerah

Peringati HUT ke-77, Pemkot Yogyakarta Gelar Ziarah Makam Mantan Wali Kota

Senin, 03 Juni 2024 - 12:31 | 11.13k
Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta, Aman Yuriadijaya saat melepas rombongan pegawai Pemkot Yogyakarta yang akan melakukan ziarah, Senin (3/6/2024). (Dok.Times/Rahadian)
Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta, Aman Yuriadijaya saat melepas rombongan pegawai Pemkot Yogyakarta yang akan melakukan ziarah, Senin (3/6/2024). (Dok.Times/Rahadian)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Ratusan pegawai Pemerintah Kota Yogyakarta (Pemkot Yogyakarta) berkumpul di halaman balai kota, Senin (3/6/2023), dengan mengendarai kendaraan roda dua berplat merah. 

Pagi itu mereka akan melakukan ziarah ke sejumlah makam mantan Wali Kota Yogyakarta dan juga bersilaturahmi dengan keluarga Wali Kota Yogyakara yang pernah menjabat pada periode lampau.

Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, mengatakan ziarah dan silaturahmi ini merupakan kegiatan pembuka mengawali rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Jadi hari ini ziarahnya ada di Taman Makam Pahlawan, kemudian ada di Makam Karangkajen, makam yang di situ mantan Wali Kota Yogyakarta di masa lalu dimakamkan," kata Aman.

Aman menuturkan, ziarah dan silaturahmi ini merupakan cara untuk mengingat kembali dan mendoakan atas jasa beliau yang pernah memimpin Yogyakarta.

Yang menarik dari kegiatan ini, para ASN menggunakan kendaraan roda dua yang usianya rata-rata di atas 20 tahun. 

"Tujuannya untuk membangun atmosfer dan semangat kebersamaan, sehingga ritualitas prosesinya lebih kental. Kendaraan lama ini nantinya akan diganti dengan yang baru pada saat resepsi ulang tahun Pemkot Yogyakarta ke-77," jelas Aman.

Kegiatan ini, kata Aman, diikuti sekitar 100 kendaraan yang mewakili 50 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkot Yogyakarta.  

Aman menambahkan, perayaan HUT Pemkot Yogyakarta akan dimeriahkan berbagai rangkaian acara. Di antaranya kompetisi sepak bola pada 4 Juni 2024 di Lapangan Karang Kotagede. Laga ini akan menampilkan  eksibisi yang menarik, yakni pertandingan antar kepala OPD (Perangkat Daerah) 25 lawan 25.

Kemudian pada 5 Juni hingga 7 Juni 2024, digelar pameran foto Semarak 77 Tahun Pemerintah Kota Yogyakarta dengan tema "Rikat, Rakit, Raket". Pameran ini bertujuan untuk menampilkan kreativitas para pegawai dalam mengabadikan momen-momen berharga dari berbagai kegiatan pemerintahan. 

Karya-karya terbaik akan dipamerkan dan dinilai oleh juri, dengan hadiah menarik bagi pemenang.

Selain itu, ada juga Napak Tilas, yang akan berlangsung pada 6 Juni 2024. Seluruh perangkat daerah akan berpartisipasi dalam jalan santai berregu ini, menempuh rute yang dibagi menjadi tiga etape.

Acara ini mencerminkan semangat persatuan dan kebersamaan yang menjadi tema utama perayaan tahun ini.

Terakhir, puncak acara akan digelar pada 7 Juni 2024 dengan Resepsi dengan Sendratari di Taman Budaya Embung Giwangan. Upacara tradisi akan diisi dengan kirab pusaka dan pemotongan tumpeng. 

Malam harinya, resepsi akan menampilkan sendratari dan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba foto dan peserta Napak Tilas.

Perayaan HUT ke-77 Pemerintah Kota Yogyakarta ini diharapkan dapat menjadi momen untuk mempererat tali silaturahmi, meningkatkan semangat inovasi, serta menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap kota Yogyakarta. 

"Mari bersama-sama meriahkan dan sukseskan acara ini, sebagai wujud rasa syukur dan kebersamaan kita semua," imbuh Aman mewakili Pemkot Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES