Peristiwa Daerah

Fadel Muhammad: Mari Semarakkan Semangat Pancasila

Senin, 03 Juni 2024 - 17:12 | 14.04k
Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad berjabat tangan dengan Presiden Joko Widodo usai upacara Hari Lahir Pancasila di Riau. (FOTO: dok MPR RI)
Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad berjabat tangan dengan Presiden Joko Widodo usai upacara Hari Lahir Pancasila di Riau. (FOTO: dok MPR RI)

TIMESINDONESIA, RIAU – Pada 1 Juni 2024, pemerintah menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda, Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau. Upacara ini, mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045".

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, para pimpinan lembaga negara, menteri, TNI, Polri, pejabat daerah, pelajar, dan berbagai elemen masyarakat. Para hadirin, termasuk Presiden, mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, menambah khidmatnya suasana upacara yang diadakan di bawah cuaca mendung.

Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, mengungkapkan peringatan Harlah Pancasila tahun ini memiliki tiga makna besar.

Pertama, mengenang proses lahirnya dasar negara pada 1 Juni 1945 yang dicetuskan oleh Presiden Soekarno.

Kedua, lokasi peringatan di Dumai menunjukkan kepada dunia potensi minyak besar Indonesia yang dikelola oleh putra-putri bangsa. “Melalui peringatan ini, Presiden ingin menekankan pentingnya semangat kebangsaan,” tambah Fadel.

Fadel, yang mengenakan pakaian takoa khas Gorontalo, juga menekankan bahwa Pancasila adalah milik bersama seluruh rakyat Indonesia. “Peringatan Harlah Pancasila sebaiknya digelar di berbagai daerah, seperti Papua, Gorontalo, untuk menunjukkan bahwa Pancasila milik kita semua,” jelasnya.

Ia juga mengakui bahwa tantangan besar bagi Pancasila di masa depan adalah kemajuan teknologi yang mengubah gaya hidup generasi muda. “Kita harus memasyarakatkan Pancasila dengan cara-cara baru agar bisa diresapi oleh Generasi Y dan Generasi Z,” ujarnya. (*)

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES