Peristiwa Daerah

Dikemas Unik dan Klasik, Pasar Jadoel Ngegong Bikin Warga Madiun Terpikat

Senin, 01 Juli 2024 - 04:35 | 292.71k
Anak-anak terlihat asyik bermain dolanan tradisional di area Pasar Jadoel Ngegong (Foto: Aji Saka Kartar/TIMES Indonesia)
Anak-anak terlihat asyik bermain dolanan tradisional di area Pasar Jadoel Ngegong (Foto: Aji Saka Kartar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Destinasi wisata belanja dan kuliner di Kota Madiun makin beragam. Kini muncul area vintage shopping bertitel Pasar Jadoel Ngegong

Area besutan Paguyuban UMKM Lapak Ronggo Kuning, Kelurahan Ngegong, Manguharjo, Kota Madiun tersebut digadang menjadi destinasi baru yang punya daya tarik dan menjadi jujugan pengunjung. 

Pasar Jadoel merupakan destinasi yang menawarkan suasana berbelanja ala tempo dulu yang kental dengan adat tradisional Jawa.

Lapak pedagang yang berada di area Pasar Jadoel menyajikan berbagai macam menu kuliner lawas yang saat ini mulai jarang ditemui. Seperti gethuk, tiwul, nagasari, utri, sawit es gabus dan lainnya. 

"Tujuannya mengenalkan dan mendekatkan kembali makanan dan minuman tradisional yang saat ini mulai tergeser menu modern," ungkap Djatmikudiyah Ketua Paguyuban Lapak UMKM Ronggo Kuning, Minggu (30/6/2024).

Pasar-Jadoel-Ngegong.jpgSoft launching Pasar Jadoel Ngegong ditandai dengan pemotongan pita di gerbang masuk. (Foto: Aji Saka Kartar/TIMES Indonesia)

Konsep vintage atau klasik dipilih sebagai daya tarik pengunjung. Mengingat saat ini banyak orang yang tertarik dengan barang-barang atau fashion bergaya tempo dulu.

Sesuai pula dengan namanya yakni Pasar Jadoel. Area berbelanja outdoor tersebut didekorasi menggunakan barang antik dan berciri khas budaya Jawa.

Pedagang juga mengenakan kostum Jawa yakni kebaya dan kain jarik. Para pedagang juga menyuguhkan welcome perform berupa flash mob tari Gugur Gunung. 

"Sekaligus melestarikan adat dan budaya Jawa. Mulai dari menu makanan, pakaian pedagang dan dekorasi berciri khas Jawa," ungkap Diyah. 

Tidak hanya aktivitas belanja aneka kebutuhan dan kuliner, Pasar Jadoel juga menyediakan area bermain anak dengan alat permainan tradisional, pojok baca, area membatik.

Pasar-Jadoel-Ngegong-z.jpgPeserta senam zumba di area Pasar Jadoel Ngegong  memakai kostum unik bergaya vintage (Foto: Aji Saka Kartar/TIMES Indonesia)

Dan menyajikan pula hiburan bagi pengunjung berupa panggung seni yang menampilkan live music dan talent show. Ada juga senam bersama zumba atau aerobic di awal pasar buka. 

"Pasar Jadoel Ngegong saat ini baru soft launching dan buka perdana. Ternyata antuasiasnya luar biasa. Respons pengunjung juga baik dan banyak yang usul dibuka tiap hari Minggu," kata Diyah.

Tidak hanya spot belanja yang ramai. Terlihat sejumlah anak yang asyik bermain dolanan tradisional dan membaca buku. 

Meskipun outdoor, PasarJadoel Ngegong cukup nyaman karena banyak pepohonan di area vintage shopping itu. Sehingga pengunjung betah berlama-lama untuk berburu kuliner atau bersantai.

Paguyuban Lapak UMKM Ronggo Kuning menggelar event tersebut bekerjasama dengan karang taruna (kartar) dan pemerintah kelurahan Ngegong Kota Madiun serta menggandeng TIMES Indonesia sebagai media partner.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES